Jakarta – Kubu pasangan Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin kali ini terlihat serius dalam upaya rekonsiliasi terhadap lawan politik menuju Pilpres 2019. Semua manuver politik kini menjadi mungkin dilakukan, termasuk merangkul pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab.

Inikah Isyarat PDIP Bakal Rangkul Habib Rizieq?

Saat dihubungi, Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Pareira menuturkan bawha “Kalau (Rizieq) bisa (mendukung Jokowi-Ma’ruf) ya kenapa tidak,”

Dirinya menilai bahwa jika Ma’ruf yang kini tengah beribadah haji memang bertemu Rizieq di Makkah, maka itu menjadi proses mediasi yang baik. Sebab menurut dia, Rizieq dengan FPI dan lembaga-lembaga sayap lainnya merupakan bagian dari kekuatan yang ada di bangsa ini.

“Sehingga di dalam proses politik, kampanye pemilu, siapa saja yang memberikan dukungan ya kita harus serap,” papar dia.

Selain itu Relawan Jokowi-Ma’ruf Amin pun mendukung penuh jika Koalisi Indonesia Kerja (KIK) melakukan pendekatan kepada Habib Rizieq.

“Relawan sendiri belum ada instruksi agar merangkul organisasi semacam FPI. Tapi, siapapun yang maumendukung Jokowi kita sambut dengan dua tangan,” ujar Relawan Jokowi Eka Prasetya.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)