Jakarta – NASA berikan pernyataan peringatan bahwa terdapat sebuah asteroid yang ukurannya lebih besar dari London Eye (Millennium Wheel) sedang berada di jarak yang dekat dengan Bumi. Benda itu dinamakan ‘2016 NF23’, berbentuk gumpalan besar dengan diameter hingga 160 meter.

Asteroid Berdiameter 160 Meter Dekati Bumi, NASA Ungkap Potensi Bahaya

Mirror mengabarkan bahwa asteroid itu diperkirakan memiliki ketinggian yang sama dengan gedung pencakar langit Walkie Talker di London, sekitar 20 m lebih besar dari London Eye, dan 50 m lebih besar dari katedral St. Pauls.

Asteroid NF23 2016 meluncur dengan kecepatan 20 ribu mph (mil per hour), 15 kali lebih cepat dari pendahulunya, Concorde yang hanya sekitar 1.354 mph.

Asteroid yang berjarak 4.650 juta mil dari planet Bumi itu, tercatat sebagai benda yang mempunyai potensi bahaya. NASA mengklasifikasikan label bahaya berdasarkan kriteria jarak asteroid dan ukuran.

Meski NASA mengungkapkan bahwa 2016 NF23 tidak akan bertabrakan dengan Bumi, namun kategori bahayanya tetap berlaku. Karena setiap asteroid yang berjarak 4,65 juta mil dari planet kita dengan diameter lebih besar dari 500 kaki terdaftar sebagai “Berpotensi Bahaya”.

Anda juga bisa melacaknya melalui jalur proyeksi ruang angkasa dan kedekatannya dengan Bumi melalui NASA Jet Propulsion Laboratory Small Body Database Browser.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)