Home > Ragam Berita > Nasional > Idrus Marham, Menteri Pertama di Kabinet Kerja Yang Menjadi Tersangka

Idrus Marham, Menteri Pertama di Kabinet Kerja Yang Menjadi Tersangka

Jakarta – Sebelumnya, diketahui bahwa Idrus Marham mundur dari kursi Menteri Sosial dan kepengurusan Golkar. Sontak, kabar tersebut membuat heboh. Pasalnya, Idrus menjadi menteri pertama di Kabinet Kerja yang menjadi tersangka kasus dugaan korupsi yang ditangani oleh KPK.

Idrus Marham, Menteri Pertama di Kabinet Kerja Yang Menjadi Tersangka

Yang mengejutkan lainnya, Idrus mundur lantaran menjadi tersangka KPK terkait pengembangan penyidikan kasus dugaan suap PLTU Riau-1. Dalam kasus tersebut, Idrus diduga menerima janji aliran dari jatah USD 1,5 juta. Idrus diduga bersama-sama tersangka sebelumnya, yaitu eks Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih, menerima hadiah atau janji dari Johannes Budisutrisno Kotjo.

Ketika itu, Eni diduga oleh KPK telah menerima keseluruhan Rp 4,5 miliar dari Kotjo, yang merupakan pemegang saham dari Blackgold Natural Resources Limited.

“Dalam proses penyidikan KPK tersebut ditemukan sejumlah fakta baru dan bukti permulaan yang cukup berupa keterangan saksi, surat, dan petunjuk sehingga dilakukan penyidikan baru tertanggal 21 Agustus 2018 dengan 1 orang tersangka, yaitu IM (Idrus Marham),” ucap Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (24/8/2018).

Alasan mundurnya Idrus dari Mensos adalah dirinya ingin berfokus menghadapi proses hukum di KPK. Sebelum penetapan tersangka KPK, Idrus bahkan tanpa ragu menyebut dirinya menjadi tersangka di KPK. Status tersangka ini diinterpretasikan Idrus Marham melalui surat pemberitahuan dimulainya penyidikan (SPDP) yang diterima Idrus, pada Kamis (23/8/2018) sore.

“Sudah kemarin sore, kan atas dasar itu saya mengundurkan diri,” ujar Idrus usai menyerahkan surat pengunduran dirinya di Istana.

“Kemarin sudah pemberitahuan penyidikan. Yang namanya kalau sudah penyidikan, itu kan pasti sudah statusnya tersangka,” imbuhnya.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Polisi Temukan Sejumlah Batu di Masjid Banyumas Yang Dirusak Orang Tak Dikenal

Polisi Temukan Sejumlah Batu di Masjid Banyumas Yang Dirusak Orang Tak Dikenal

Banyumas – Baru-baru ini, ada orang yang tak dikenal yang mengacak-acak di Masjid dan TPA ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135