Jakarta – Bestari Barus selaku Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta mengungkapkan bahwa hingga kini program rumah DP Rp 0 yang digagas Pemprov DKI merupakan program bohong. Dirinya mengatakan demikian karena sejatinya warga yang membeli hanya akan mendapatkan sertifikat hak guna bangunan (HGB).

Nasdem : "Rumah DP Rp 0, Sudahlah Itu Bohong"

Saat mengisi acara diskusi Garda Relawan Jokowi kemarin Minggu, dirinya menuturkan bahwa “DP Rp 0, sudahlah itu bohong, alas hukumnya nggak jelas. Rumah yang tak bisa dimiliki, itu HGB. Bapak-Ibu sekalian, nanti kalau kalian beli itu, itu HGB di atas HPL (hak pengelolaan) Pemprov DKI. Artinya, tanah dan bangunannya hanya bisa dimiliki temporer 1 kali perpanjangan, habis itu keluar. Mana rumah tapak itu? Tak ada. Rumah tapak itu di awang-awang,”

“Mau menata ekonomi lebih baik lagi, bahkan sebagian besar masyarakat di Tanah Abang mata pencaharianya jadi hancur karena jalan dipakai berdagang, apa lagi. Ekonomi macam apa, suruh Sandiaga Uno duduk di sini, kita ngobrol berdua. Mana cara yang benar menata ekonomi,” tegasnya.

Sedangkan Gubernur DKI Anies Baswedan sebelumnya memastikan program rumah DP Rp 0 jalan terus. Anies menegaskan program rumah DP Rp 0 merupakan program prioritas.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)