Home > Ragam Berita > Internasional > Pemerintah Jerman Beberkan Alasan Tetap Terima Imigran

Pemerintah Jerman Beberkan Alasan Tetap Terima Imigran

Berlin – Akhir-akhir ini insiden tewasnya beberapa warga Jerman di tangan para imigran menjadi berita yang kerap muncul dalam media. Meski menyebabkan berbagai macam masalah, masuknya imigran ke Jerman tidak serta merta diberhentikan.

Pemerintah Jerman Beberkan Alasan Tetap Terima Imigran

Sebab, faktanya Jerman memang membutuhkan imigran untuk memenuhi kekosongan tenaga kerja yang merupakan aset penting dalam perputaran roda perekonomian negara tersebut.

Menurut sebuah studi ekonomi yang dilakukan oleh Institut der deutschen Wirtschaft Köln, perusahan-perusahaan di Jerman mengalami kekurangan tenaga kerja yang menyebabkan kerugian mencapai 30 miliar Euro. Faktor utama ketidaktersediaan tenaga kerja adalah menurunnya angka kelahiran di negara tersebut dan semakin menuanya umur rata-rata penduduk Jerman.

Untuk menjawab tantangan tersebut, Jerman harus bisa menarik sekitar 400 ribu tenaga kerja asing setiap tahunnya untuk bekerja di Jerman. Informasi tersebut diungkapkan setelah beberapa negara Uni Eropa menunjukkan keinginannya untuk terus mencoba kebijakkan bloc-wide untuk mengatasi masalah krisis imigran, meskipun belum semua negara memiliki satu suara yang sama mengenai masalah tersebut.

Baca juga: Donald Trump Tegaskan Sudah Terima Surat dari Kim Jong-un

Sebagaimana dibeirtakan AFP pada Selasa (11/9/2018), banyak imigran yang masuk ke Jerman seharusnya bisa menjadi solusi masalah ketenagakerjaan tersebut. Terutama setelah Kanselir Angela Merkel menerapkan kebijakan open border untuk para pengungsi yang mengizinkan lebih dari satu juta pencari suaka masuk sejak tahun 2015. Namun para pengungsi yang masuk ke Jerman harus memiliki keahlian dan mampu serta mau berintegrasi dengan masyarakat agar kerja sama dapat berhasil.

Ketika para imigran tidak memiliki keahlian yang sesuai dengan kekosongan lapangan pekerjaan di Jerman, maka hal tersebut menjadi masalah. Karena akan semakin banyak orang yang tidak memiliki pekerjaan dan menyebabkan permasalahan sosial dan keamanan. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Lembaga Hak Asasi Manusia Imbau PBB Selidiki Kasus Khashoggi

Lembaga Hak Asasi Manusia Imbau PBB Selidiki Kasus Khashoggi

Washington – Empat lembaga hak asasi manusia dan kebebasan pers mendesak Turki meminta penyelidikan dari ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135