Home > Ragam Berita > Internasional > Parlemen Inggris tentang Usul Theresa May Terkait Negosiasi Post-Brexit

Parlemen Inggris tentang Usul Theresa May Terkait Negosiasi Post-Brexit

London – Sebuah kelompok beranggotakan sekira 50 anggota parlemen dalam pemerintahan Inggris yang menentang usulan Theresa May untuk negosiasi post-Brexit dengan Uni Eropa dilaporkan telah melakukan pertemuan dan membahas mengenai bagaimana mereka bisa melengserkan sang perdana menteri.

Parlemen Inggris tentang Usul Theresa May Terkait Negosiasi Post-Brexit

Theresa May

Sebagaimana diberitakan BBC pada Kamis (13/9/2018), mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya, melaporkan bahwa para anggota parlemen yang tergabung dalam European Research Group (ERG), kelompok anti Uni Eropa dalam Partai Konservatif bertemu pada Selasa malam dan melakukan diskusi terbuka mengenai masa depan May sebagai pimpinan partai itu dan sebagai perdana menteri Inggris. Beberapa di antaranya bahkan mengatakan bahwa mereka telah menyerahkan surat ketidakpercayaan kepada May.

Berdasarkan aturan dalam Partai Konservatif, pemilihan pimpinan partai akan dilakukan jika 15 persen dari anggota parlemen konservatif, yang saat ini berarti 48 dari 315 anggota parlemen Inggris menyampaikan suara ketidakpercayaan.

Selain itu, ERG telah mengecam rencana May yang menginginkan Inggris tetap berada dalam zona perdagangan bebas untuk barang dengan Uni Eropa setelah meninggalkan blok ekonomi itu pada Maret tahun depan. Namun, ERG sendiri telah menghadapi kritik karena gagal menyarankan alternatif yang rinci.

Para anggota yang euroskeptis mengeluh bahwa menerima perdagangan bebas barang dengan Uni Eropa berarti Inggris harus mengikuti peraturan Uni Eropa bahkan setelah meninggalkan blok ekonomi tersebut. Juru bicara May mengatakan, usulan yang disebut dengan Chequers proposal tersebut merupakan satu-satunya rencana serius, kredibel dan bisa dinegosiasikan yang tersedia saat ini. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Paus Fransiskus Bakal Bahas Soal Perlindungan Anak dengan Sejumlah Uskup

Paus Fransiskus Bakal Bahas Soal Perlindungan Anak dengan Sejumlah Uskup

Vatikan – Paus Fransiskus memanggil sejumlah uskup senior dari berbagai belahan dunia untuk menghadiri rapat ...