Home > Ragam Berita > Internasional > Trump Umumkan Putaran Tarif Dagang Baru terhadap Cina

Trump Umumkan Putaran Tarif Dagang Baru terhadap Cina

Washington – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump meningkatkan perang dagangnya dengan Cina kemarin, (17/9/2018). AS memaksakan 10 persen tarif impor Cina senilai 200 miliar dolar AS.

Trump Umumkan Putaran Tarif Dagang Baru terhadap Cina

Donald Trump

Hanya saja, tarif itu tampaknya tidak berlaku untuk impor jam tangan pintar dari Apple (AAPL.O) sera Fitbit (Fit.N). Sekaligus produk konsumen lainnya seperti helm, sepeda, serta kursi.

Dalam sebuah pernyataan, Trump mengumumkan putaran tarif baru. Ia memperingatkan, jika Cina mengambil tindakan pembalasan terhadap petani atau industri AS, maka AS akan segera berlakukan tahap tiga.

“Kami akan segera kejar tahap tiga. Hal itu yakni mengenakan tarif sekitar 267 miliar dolar AS untuk impor tambahan,” ujar Trump seperti dilansir Reuters, Selasa (18/9/2018).

Perlu diketahui, iPhone tidak termasuk dalam ‘berbagai’ produk yang Apple katakan kepada regulator akan terkena tarif impor 200 miliar dolar AS. Hal itu disampaikan dalam surat komentar kepada pejabat perdagangan pada 5 September lalu.

Hanya saja, jika aturan Trump memberlakukan putaran tarif lebih lanjut untuk barang hingga 267 miliar dolar AS, maka menelan semua sisa impor AS dari Cina. IPhone dan pesaingnya kemungkinan tidak akan terbebaskan dari tarif tersebut.

Sejauh ini, AS sendiri telah memberlakukan tarif senilai 50 miliar dolar AS pada produk Cina untuk menekan Beijing agar melakukan perubahan besar pada perdagangannya. Hal itu meliputi transfer teknologi juga kebijakan subsidi industri berteknologi tinggi.

Baca juga: PBB : Militer Myanmar Terbuti Dalam Kejahatan Manusia Terhadap Rohingya

Eskalasi tarif Trump di Cina terjadi setelah pembicaraan keduanya demi menyelesaikan perbedaan perdagangan mereka. Menteri Keuangan AS Steven Muchin pekan lalu mengundang para pejabat tinggi Cina ke pertemuan pembicaraan baru. Hanya, sejauh ini belum ada jadwal pasti.

“Kami telah sangat jelas tentang jenis petubahan yang perlu dilakukan. Kami telah memberi Cina kesempatan untuk memperlakukan kami lebih adil. Sayangnya, Cina tidak mau mengubah praktiknya,” lanjut Trump dalam pernyataannya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Tiga Warga Yaman Tewas karena Serangan Udara Arab Saudi

Tiga Warga Yaman Tewas karena Serangan Udara Arab Saudi

Saada – Serangan udara koalisi pimpinan Arab Saudi di provinsi Saada, Yaman utara, Minggu (2/12/2018) ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135