Home > Gaya Hidup > Mengenal Stunting dan Gejala-Gejalanya

Mengenal Stunting dan Gejala-Gejalanya

Jakarta – Stunting merupakan masalah kesehatan dimana seorang anak mengalami hambatan dalam pertumbuhannya sehingga tidak bisa memiliki tinggi yang ideal sesuai dengan usianya.

Mengenal Stunting dan Gejala-Gejalanya

Lantas bagaimana mengenali gejala masalah stunting ini pada anak?

Stunting memiliki lima gejala umum yang mudah untuk dikenali, yaitu:

1. Mudah Lelah Tanpa Alasan Yang Jelas
Stunting menyebabkan hormon tiroksin berada pada titik terendahnya sehingga anak akan merasakan kelelahan tanpa alasan yang jelas.

2. Mudah Tersinggung
Anak yang menderita stunting tidak hanya terganggu perkembangan hormon tiroksinnya namun juga hormon lainnya. Hal ini kemudian berpengaruh pada perilaku dan emosinya sehingga sang anak menjadi mudah tersinggung atau marah.

3. Gagal Bertumbuh di Usia di Bawah 2 Tahun
Gejala awal yang harus ditangani dengan cepat terlihat ketika tubuh anak gagal bertumbuh di usia di bawah 2 tahun. Gangguan ini harus segera diatasi karena akan menjadi sulit tertangani bila terlambat.

4. Kurangnya Respon Sosial
Salah satu gejala yang nampak pada anak yang menderita gangguan stunting yakni kurangnya respon sosial di usia 2-3 tahun.

5. Wajah Terlihat Lebih Muda dari Usianya
Anak yang menderita stunting tidak hanya mengalami gangguan pertumbuhan namun juga wajah yang nampak lebih muda di usianya.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Kenali Gejala Awal Kanker Payudara

Kenali Gejala Awal Kanker Payudara

Jakarta – Salah satu momok paling menakutkan bagi wanita di seluruh dunia adalah penyakit kanker ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135