Jakarta – Kali ini perbincangan publik masih terdokus pada status religius Sandiaga Uno yang kini dinilai pendukungnya sudah mencapai level ulama.

Sebelum Dianggap Sebagai Ulama, Sandiaga Pernah Mendapat Label Santri Pos-Islamisme

Usai dipilih oleh Prabowo menjadi pasangannya di Pilpres 2019, Presiden PKS Sohibul Iman menyatakan pasangan Prabowo-Sandi sebagai perwujudan nasionalis-Islam. Sosok Sandi dinilainya juga sebagai santri, meskipun orang lain tak berkata demikian.

“Mungkin beliau (Sandiaga) dalam kaca mata kita selama ini tidak terkategori sebagai santri,” kata Sohibul di deklarasi Prabowo-Sandi.

“Saya kira beliau seseorang yang memang hidup di alam moderen, tetapi beliau mengalami proses spiritiualisasi dan Islamisasi, sehingga saya bisa mengatakan saudara Sandi adalah merupakan sosok santri di era pos-Islamisme. Dia benar-benar menjadi contoh pemimpin muslim yang kompatibel dengan perkembangan zaman,” tutur Sohibul.

Dan sudah bisa diprediksi bahwa penilaian tersebut mendapatkan keraguan. Dan hal ini datangnya dari politikus PPP pendukung PDIP misalnya, mereka menilai Sandi dipaksa menjadi santri meski sama sekali bukan santri, atau juga menilai Sandi adalah santri posmo.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)