Jakarta – Gitaris Slank, Abdee Negara menjalani operasi transplantasi ginjal pada November 2016. Usai dioperasi, kondisi ginjal Abdee kini mulai membaik. “Setelah transplantasi, kesehatan mulai normal untuk ginjal,” kata Abdee saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (25/9/2018).

Abdee Slank Akui Kondisinya Mulai Membaik

Abdee Slank

Meski begitu, pria berusia 50 tahun itu kini mengalami vertigo. Pencetusnya karena ada masalah ketika dirinya sedang menjalani proses cuci darah. Kondisi itu membuat dia tidak bisa berdiri lama-lama. Jalan pun suka oleng. Karena itu, Abdee Negara belum bisa aktif kembali bermusik di Slank.

“Saya masih vertigo dan masih sering kehilangan keseimbangan. Kalau berdiri lama atau jalan itu oleng. Kalau untuk berdiri gini, duduk diam, itu enggak apa-apa,” ucap Abdee Negara.

Hingga kini, Abdee masih menjalani perawatan berupa terapi. Ia melakukannya untuk menjaga kondisi tubuhnya. “Sekarang terapi aja, karena enggak ada obatnya,” ujar Abdee.

Abdee juga memerhatikan makanan yang dia santap. Ia menghindari menyantap makanan mentah, seperti sushi dan salad, atau yang sudah berada di atas meja lebih dari 20 menit. Sebab, menurut dia, makanan tersebut bisa saja sudah terpapar bakteri.

“Misalnya makanan sudah lebih dari 20 menit di atas meja gitu sebaiknya jangan dimakan, karena sudah ada kemungkinan terpapar bakteri,” tutur Abdee.

Operasi juga memengaruhi berat badan Abdee. Kini berat pria kelahiran Donggala, Sulawesi Tengah ini, mulai bertambah. Nafsu makannya makin membaik. Ia pun sudah mulai bisa berolahraga.

“Naik 6 kilogram. Sekarang udah 54-55 kilogram, dulu 46-47 kilogram,” tandas Abdee Negara. (Tita Yanuantari – harianindo.com)