Home > Ragam Berita > Nasional > Ridwan Kamil Wacanakan Kembali Pembangunan Inland Waterways

Ridwan Kamil Wacanakan Kembali Pembangunan Inland Waterways

Bandung – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kembali mengangkat wacana pembangunan Inland Waterways atau jalur transportasi laut untuk kontainer yang menghubungkan jalur darat Cikarang ke laut menuju Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Ridwan Kamil Wacanakan Kembali Pembangunan Inland Waterways

Ridwan Kamil

Hal itu di sampaikan mantan wali kota Bandung itu dalam akun Instagram dia, @ridwankamil pada Jumat (28/9/2018).

Dalam akun instagramnya, Emil mengunggah sebuah sketsa yang berisi gambaran rancangan rencana jalur transportasi kontainer dari kawasan industri Cikarang menuju laut dan diteruskan hingga Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

“KEMACETAN di jalur tol bekasi-Jakarta akan drastis dikurangi dengan inovasi KANAL CIKARANG (Inland Waterway Cikarang Bekasi Laut). Inovasi ini adalah membuat kanal lebar dari laut yang masuk ke daratan agar kontainer2 bisa diangkut lewat jalur air ketimbang lewat tol menuju Tanjung Priok,” tulis Emil, dalam akun Instagramnya, sebagaimana dikutip Kompas.com, Jumat.

Emil menyatakan, Kanal Cikarang itu dapat menghilangkan aktivitas 4.000 truk kontainer yang masuk tol tiap harinya.

“Semoga inovasi ini menjadi solusi untuk semua pihak. Sedang distudi apakah Kanal Cikarang ini bisa juga sebagai jalur angkutan penumpang manusia menuju Jakarta. Mohon doanya. Hatur Nuhun. #JABARJUARA,” tulis Emil.

Sebelumnya, PT Pelabuhan Indonesia II (Pelindo II) juga sudah berencana terlebih dahulu untuk membangun Inland Waterways atau kanal yang menyambungkan Pelabuhan Tanjung priok, Jakarta Utara menuju Cikarang.

Namun, rencana itu mendapati beberapa kendala sehingga harus tertunda untuk direalisasikan. Kendala itu berupa terdapat tiga jembatan pada jalur laut itu yang menghalangi jalan kapal tongkang. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bupati Minahasa Imbau Warga Tidak Mendekati Gunung Soputan

Bupati Minahasa Imbau Warga Tidak Mendekati Gunung Soputan

Minahasa – Bupati Minahasa Royke Roring meminta warganya untuk menjauhi Gunung Soputan selama terjadi letusan. ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135