Palu – Presiden Jokowi memberikan sejumlah instruksi kepada jajarannya terkait penanganan korban pasca gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah.

Kunjungi Korban Tsunami di Palu, Ini Perintah Presiden Jokowi

“Pertama yang paling penting saya tekankan, kepada seluruhnya agar penanganan yang dilakukan pertama adalah berkaitan dengan evakuasi,” kata Jokowi saat berkunjung ke Palu, pada Minggu (30/9/2018).

“Karena alat berat belum ada, juga belum bisa dilaksanakan evakuasi. Besok pagi Insya Allah pak Menteri PU sudah mengerahkan alat berat dari Mamuju, Gorontalo, menuju ke sini. Besok pagi evakuasi yang kita perkirakan ada korban,” lanjut Jokowi.

Yang kedua, mantan Gubernur DKI Jakarta ini memerintahkan agar masalah pasokan BBM juga harus cepat diselesaikan sehingga antrian di SPBU di Kota Palu bisa diatasi.

“Kita melihat di lapangan SPBU penuh masyarakat ingin mendapatkan BBM. Masalahnya karena menuju ke sini banyak, jembatan runtuh dan lain-lain. Saya perintahkan Menteri ESDM dan BUMN untuk membawa BBM dengan pesawat entah dari Makassar, Balikpapan atau Jawa. Pesawat khusus BBM khusus besok urusan BBM sudah bisa kita selesaikan,” janji Jokowi.

Sedangkan untuk pasokan listrik, Jokowi juga memerintahkan Menteri ESDM untuk mengirimkan gardu mobile dari Jawa.

“Saya sudah telepon Menteri ESDM, ini (pasokan listrik) diselesaikan dengan gardu mobile. Dikirim dari Jawa menuju Palu, semoga cepat diselesaikan berkaitan dengan listrik,” ujar Jokowi.

Sedangkan yang terakhir soal kebutuhan logistik masyarakat, Jokowi juga meminta jajarannya untuk cepat menanganinya, karena pasar dan toko di Kota Palu belum berfungsi.

“Sehingga masyarakat ingin membeli minuman yang jualan belum ada. Kita harapkan segera bisa diatasi. Kita harapkan masa darurat bisa diselesaikan secepat-cepatnya. Masuk rehabiliatasi dan rekonstruksi, baik sekolah, rumah sakit, jembatan dan lain-lain,” pungkasnya.
(samsul arifin – harianindo.com)