Home > Ragam Berita > Nasional > Pasca Gempa, Warga Sumba Timur Mengungsi ke Tempat Lebih Tinggi

Pasca Gempa, Warga Sumba Timur Mengungsi ke Tempat Lebih Tinggi

Sumba Timur – Sejumlah warga yang bermukim di pesisir pantai di Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), mengungsi ke tempat yang lebih tinggi di wilayah itu, usai terjadi gempa bumi, Selasa (2/10/2018) pagi.

Pasca Gempa, Warga Sumba Timur Mengungsi ke Tempat Lebih Tinggi

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sumba Timur Martina D Jera mengatakan, warga yang mengungsi berasal dari Kelurahan Kamalaputi, Kecamatan Kota Waingapu.

“Warga lari dan sekarang mengungsi di daerah ketinggian. Mereka panik usai gempa bumi,”kata Martina Selasa siang (2/10/2018).

Martina pun mengimbau kepada warga, agar jangan terpengaruh dengan informasi hoaks yang mengatakan, akan terjadi gempa yang lebih dahsyat lagi. “Sekarang kami terus menghimbau kepada warga untuk kembali ke rumah mereka dan jangan mempercayai informasi hoaks yang beredar,”imbuhnya.

Menurut Martina, warga saat ini belum berani kembali ke rumah mereka masing-masing. Pihaknya lanjut dia, akan terus memantau kondisi warga yang mengungsi.

Sebelumnya diberitakan, gempa bumi mengguncang wilayah Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) sebanyak 4 kali, Selasa (2/10/2018) pagi.

Kepala Stasiun Geofisika Kelas III Waingapu, Sumba Timur Arief Tyastama mengatakan, gempa bumi pertama terjadi pada pukul 07.12 Wita. “Gempa bumi yang pertama, magnitudonya 5,2. Lokasi gempa bumi 10.56 derajat lintang selatan dan 120.20 derajat bujur timur,”ungkap Arief kepada Kompas.com, Selasa pagi.

Pusat gempa bumi tersebut lanjut Arief, yakni terletak 66 kilometer Barat Daya, Sumba Timur, dengan kedalamannya 10 kilometer. Selanjutnya gempa bumi kedua, terjadi pada pukul 7.27 Wita, dengan magnitudo 5,3.

Lokasi gempa yakni 10.48 derajat lintang selatan dan 120.24 derajat bujur timur. Pusat gempa bumi yakni 56 kilometer Barat Daya, Sumba Timur, dengan kedalamannya 10 kilometer.

Gempa bumi ketiga, dengan kekuatan lebih besar yakni magnitudo 6 terjadi pada pukul 7.59 Wita. Lokasi gempa bumi yakni 10.57 derajat lintang selatan dan 120.25 derajat bujur timur atau 66 kilometer barat daya Sumba Timur, dengan kedalaman 10 kilometer.

Gempa bumi keempat terjadi pada pukul 8.16 Wita dengan magnitudo 6,3. Lokasi gempa bumi yakni 10.57 derajat lintang selatan dan 120.22 derajat bujur timur. Pusat gempa bumi yakni 66 kilometer barat daya Sumba Timur, dengan kedalaman 10 kilometer. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Dianggap Sebar Hoaks, Farhat Abbas Minta KPU Diskualifikasi Prabowo

Dianggap Sebar Hoaks, Farhat Abbas Minta KPU Diskualifikasi Prabowo

Jakarta – Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto diminta untuk meminta maaf secar terbuka pada Joko ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135