Jakarta – Keputusan Cak Imin yang menjadikan M Hanif Dhakiri sebagai sekretaris jenderal PKB menggantikan Abdul Kadir Karding akhirnya dikomentari oleh yang bersangkutan.

Sekjen PKB Diganti, Ini Alasan yang Diungkap Cak Imin

Dirinya menilai bahwa keputusannya mencopot Karding dari sekjen PKB dan menggantinya dengan Hanif bukanlah akibat konflik internal. Sebab, pergantian itu merupakan hal biasa.

Cak Imin menjelaskan bahwa kondisi Karding yang kini duduk di Tim Kampanye Nasional Joko Widodo – KH Ma’ruf Amin (TKN Jokowi – Ma’ruf) menjadi alasan utamanya.

“Dan dia harus bertanggung jawab kepada saya, karena kewenangan Hanif itu dulu bertanggung jawab pada awal periode,” ujar Cak Imin saat ditemui di Senayan hari ini.

Selain itu Cak Imin juga menuturkan bahwa posisi Hanif yang merangkap jabatan menteri ketenagakerjaan juga bukan persoalan.

Cak Imin juga memastikan tidak ada persoalan di balik pergantian sekjen PKB di seiring makin dekatnya Pemilu 2019. Sebab, kini justru PKB menginginkan Karding bisa bekerja optimal di TKN Jokowi – Ma’ruf.

“Justru semua sudah tuntas semua tugas di bidang internal, maka Karding kami eksplorasi keluar,” kata wakil ketua MPR itu.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)