Home > Ragam Berita > Internasional > Puluhan Warga Uganda Tewas setelah Tertimpa Longsor

Puluhan Warga Uganda Tewas setelah Tertimpa Longsor

Kampala – Sebanyak 34 orang tewas, setelah sebuah sungai di timur Uganda meluap dan memicu longsor bebatuan serta lumpur ke wilayah pemukiman.

Puluhan Warga Uganda Tewas setelah Tertimpa Longsor

Kejadian ini terjadi pada Jumat (13/10/208) waktu setempat di Bukalasi, Distrik Bududa. Selain korban tewas, tim SAR Uganda belum bisa memastikan jumlah warga yang hilang.

“Saya konfirmasi ada 34 orang tewas, kami menunggu pemeriksaan selesai sampai kami bisa mengumumkan berapa yang hilang,” sebut juru bicara Palang Merah Uganda Irene Nakasita, seperti dikutip dari AFP, Sabtu (14/10/2018).

Nakasita menambahkan, hasil pemeriksaan awal longsor besar ini dipicu hujan deras yang terjadi di kota Bukalasi. “Penyebab sungai meluap karena hujan deras. Ketika air meluap, aliran deras membawa batu besar dan menghancurkan beberapa rumah,” tutur Nakasita.

“Tim SAR kami masih berada di lapangan untuk mengevakuasi warga dan membersihkan reruntuhan,” ucap dia.

Saat ini selain evakuasi dan pencarian korban, Palang Merah juga mengirimkan beberapa bantuan, seperti selimut, terpal, dan tablet untuk memurnikan air.

Menambahkan Nakasita, Direktur salah satu LSM kemanusiaan di Uganda Nathan Tumuhamye mengatakan, kejadian ini berimbas ke lebih dari empat desa.

Menanggapi bencana tersebut, Presiden Uganda Yoweri Museveni mengatakan, pengiriman bantuan lanjutan agar segera sampai ke wilayah terimbas bencana. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

George H.W. Bush Meninggal Dunia, Anjing Kesayangannya Setia Menunggu di Samping Peti Mati

George H.W. Bush Meninggal Dunia, Anjing Kesayangannya Setia Menunggu di Samping Peti Mati

Washington – Berita wafatnya Presiden ke-41 Amerika Serikat, George H.W. Bush membuat rakyat Amerika Serikat ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135