Home > Ragam Berita > Nasional > Tjahjo Kumolo Tegaskan Dana Kelurahan Tidak Diberikan kepada Jakarta dan Jawa

Tjahjo Kumolo Tegaskan Dana Kelurahan Tidak Diberikan kepada Jakarta dan Jawa

Jakarta – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan kelurahan di Jakarta dan Jawa tidak akan mendapatkan dana kelurahan dari pemerintah pusat. “Kelurahan di Jakarta, di Jawa, secara relatif anggarannya sudah cukup,” kata Tjahjo di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Rabu (24/10/2018).

Tjahjo Kumolo Tegaskan Dana Kelurahan Tidak Diberikan kepada Jakarta dan Jawa

Tjahjo mengatakan, dana kelurahan dibutuhkan di luar Pulau Jawa. Sebab, kata dia, masih banyak kelurahan yang tertinggal. Sehingga membutuhkan dana stimulan untuk memperbaiki fasilitas di wilayahnya.Dana kelurahan, kata Tjahjo, diberikan untuk menghindari kecemburuan karena keberadaan dana desa.

Ia menceritakan, ada banyak kelurahan di Sumatera yang mengajukan perubahan status menjadi desa ke Kementerian Dalam Negeri hanya karena ingin mendapatkan dana desa. “Kan enggak fair juga. Kira-kira itu intinya supaya tidak terjadi kecemburuan,” kata dia.

Menurut Tjahjo, program dana kelurahan sudah direncanakan sejak dua tahun lalu. Namun baru direalisasikan mulai tahun depan lantaran pemerintah fokus ke desa terlebih dulu. Karena itu, Tjahjo meminta agar program dana kelurahan tidak dikaitkan dengan tahun politik.

Baca juga: Ridwan Kamil Beradu Argumen dengan Yana Mulyana Terkait Skywalk Cihampelas

“Masing-masing ada aturannya, tahapan-tahapannya, baik tahapan yang disusun KPU maupun perencanaan program yang dipersiapkan pemerintah,” katanya.

Usulan dana kelurahan sebelumnya disampaikan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) saat bertemu Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, pada Juli 2018. Ketua APEKSI Airin Rachmi Diany mengatakan para wali kota meminta Jokowi membuat kebijakan mengenai bantuan keuangan untuk kelurahan. APEKSI menilai perlunya dana kelurahan karena kompleksnya persoalan perkotaan. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Tim Jokowi : "Amien Rais Terlihat Makin Hari Makin Frustasi"

Tim Jokowi : “Amien Rais Terlihat Makin Hari Makin Frustasi”

Jakarta – Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais dinilai sedang merasa putus asa lantaran manuver ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 409

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135