Home > Ragam Berita > Nasional > Muhadjir Effendy : Ribuan Warisan Budaya Indonesia Telah Didaftarkan ke UNESCO

Muhadjir Effendy : Ribuan Warisan Budaya Indonesia Telah Didaftarkan ke UNESCO

Jakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tengah memperjuangkan gamelan menjadi warisan budaya dunia. Kemendikbud mendaftarkan gamelan ke organisasi pendidikan dan kebudayaan PBB, UNESCO.

Muhadjir Effendy : Ribuan Warisan Budaya Indonesia Telah Didaftarkan ke UNESCO

Muhadjir Effendy

Mendikbud Muhadjir Effendy menuturkan saat ini terdapat 9.320 warisan budaya Indonesia yang telah didaftarkan ke UNESCO.

“Saat ini (Kemendikbud) sedang kita perjuangkan gamelan untuk bisa mendapatkan pengakuan budaya,” kata Muhadjir di diskusi ‘Empat tahun kepemimpinan Jokowi-JK’ di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Rabu (24/10/2018).

“Warisan budaya nasional dan warisan dunia kita sudah mendaftarkan di UNESCO beberapa warisan budaya kita yang diakui oleh dunia yaitu 9.320 warisan budaya,” imbuhnya.

Melihat kekayaan warisan budaya Indonesia, kata Muhadjir, UNESCO mengaggumi kekayaan yang dimiliki oleh Indonesia. Bahkan, Indonesia dinilai sebagai negara dengan kenyataan kebudayaan yang sangat kuat.

“Salah satu direktur UNESCO yang membidangi warisan budaya geleng-geleng melihat pesatnya usulan-usualn dari Indonesia. Bahkan dia berkomentar bahwa Indonesia itu superpower di bidang kebudayaan,” tuturnya.

Baca juga: Said Aqil: Ulama Jatuhi Hukum Makruh kepada Penulis Kalimat Tauhid di Bendera

Lebih lanjut, Muhadjir menuturkan dalam masa kepemimpinan Jokowi-Jusuf Kalla, pemerintah telah merealisasikan UU tentang kemajuan kebudayaan Indonesia, sehingga UU ini sebagai wujud perlindungan negara terhadap setiap kebudayaan yang dimiliki.

“Tahun 2017 itu bisa merealisasikan UU nomor 5 tahun 2017 tentang kemajuan kebudayaan setelah 30 tahun diproses tidak jadi-jadi. Ini menurut saya catatan khusus yang diberikan dalam pemerintahan Jokowi-JK,” tutupnya. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Koordinator Jubir BPN Prabowo-Sandi Klaim Dirinya Adalah Korban Hoaks Ratna Sarumpaet

Koordinator Jubir BPN Prabowo-Sandi Klaim Dirinya Adalah Korban Hoaks Ratna Sarumpaet

Jakarta – Polda Metro Jaya kembali memeriksa tiga saksi penyebaran berita bohong dengan tersangka Ranta ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135