Jakarta – Kementerian Dalam Negeri telah melayangkan surat kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta agar segera memproses pergantian Wakil Gubernur DKI yang telah ditinggal oleh Sandiaga Uno.

Anies Baswedan Berikan Tanggapan Terkait Surat Kemendagri

Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun membuka suara mengenai hal tersebut. Dia mengatakan bahwa sudah mengirimkan surat kepada partai pengusung, sebelum Dirjen Kemendagri mengirimkan surat kepada Pemprov DKI Jakarta. Namun, hingga sekarang belum ada keputusan mengenai hal ini.

“Pada tanggal 19 Oktober saya sudah mengirimkan surat kepada partai-partai pengusung dan dalam surat itu disampaikan prosedurnya dan lain-lain,” ucap Anies Baswedan di Gedung Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (5/11/2018).

Selain itu, Anies juga mengatakan pihaknya sudah melalui prosedur yang seharusnya dilakukan oleh Pemprov DKI. Jika tidak ada pengumuman surat dari Kemendagri pihaknya tidak akan memberitahukan kepada publik jika kewajiban Pemprov sudah dilakukan.

“Tapi seperti yang sering saya sampaikan, kita itu bekerja di tata pemerintahan nih, disampaikan kepada pemimpin partai bukan untuk apa-apa ya itulah prosedurnya. Sudah dikerjakan sejak tanggal 19 Oktober lalu sudah ada dorongan. Cuma karena ada pengumuman Pak Dirjen mengirimkan surat kemudian kami menjawab nih,” ucap Anies,

“Kalau enggak ada surat kami juga tidak mengumumkan, karena ini adalah jawaban kami menjalankan bahwa sebelum kami diingatkan sudah bertindak,” tambahnya.

Anies berharap, kedua partai pengusung mendapatkan keputusan yang baik. “Pokoknya harapan saya itu mendapatkan kesepakatan yang bulat,” kata Anies. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)