Valencia – Pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa, hanya memiliki satu kesempatan lagi untuk bisa menyelesaikan balapan di posisi podium sebelum dirinya benar-benar pensiun. Untungnya, kesempatan terakhir Pedrosa hadir di lintasan yang menjadi favoritnya, yakni Sirkuit Valencia, Spanyol.

Pedrosa Berharap Raih Podium di MotoGP Valencia

Pedrosa

Tidak seperti musim-musim sebelumnya, pada gelaran MotoGP 2018, hingga saat ini Pedrosa belum sekalipun menyelesaikan balapan di posisi podium. Hasil terbaik yang bisa diraih pembalap berjuluk The Little Samurai itu di musim 2018 ini adalah kala ia mentas di Malaysia, Aragon, Catalunya, dan Prancis dengan menempati posisi kelima.

Performa tidak menjanjikan Pedrosa itulah yang mendorongnya mengambil langkah untuk pensiun. Pasalnya, ia menilai kalau dirinya sudah tidak bisa tampil kompetitif lagi. Selain karena usia yang sudah tak lagi muda, Pedrosa juga kerap kalah saing dari pembalap-pembalap baru.

Tak ayal, MotoGP Valencia 2018 yang akan dilangsungkan pada Minggu 18 November akan menjadi kesempatan terakhir Pedrosa untuk meraih podium atau bahkan kemenangan. Pedrosa jelas ingin menutup kariernya dengan perpisahan yang indah.

Meski sepanjang musim ini, pria asal Spanyol itu belum sekalipun finis di podium, namun Pedrosa memiliki kans besar mematahkan catatan buruknya tersebut di Valencia. Bagaimana tidak, pasalnya Pedrosa tercatat sebagai pembalap yang paling banyak memenangi grand prix Valencia, dengan total tujuh kemenangan.

Empat kemenangan didapat Pedrosa di pentas MotoGP (2007, 2009, 2012, 2017), dua kemenangan di kelas 250cc (2004, 2005), dan satu kemenangan lainnya di nomor 125cc (2002). (Tita Yanuantari – harianindo.com)