Home > Teknologi > Sains > Marak Penyalahgunaan Air Rebusan Pembalut, Peneliti UGM Tertarik Meneliti

Marak Penyalahgunaan Air Rebusan Pembalut, Peneliti UGM Tertarik Meneliti

Yogyakarta – Ahli Farmakologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta tertarik untuk meneliti kandungan yang ada di dalam pembalut, terkait maraknya pemakaian air rebusan pembalut oleh sejumlah remaja di beberapa daerah di Indonesia.

Marak Penyalahgunaan Air Rebusan Pembalut, Peneliti UGM Tertarik Meneliti

“Kita belum tahu persis ya kok bisa pembalut pada direbus… tapi kemungkinan ada zat-zat dalam proses pembuatan pembalut, oleh orang-orang pengguna itu kemudian diekstrak. Direbus diambil ekstrak senyawa yang ternyata bisa memabukkan. Yang jelas pastinya dalam jumlah besar itu yang direbus,” kata Prof Zullies Ikawati, ahli Farmakologi dari Fakultas Farmasi UGM, Kamis (8/11/2018).

Prof Zullies sendiri mengaku belum mengetahui secara pasti senyawa yang terkandung di dalam pembalut sehingga digunakan untuk mendapatkan efek memabukkan.

“Tapi kemungkinan seperti lem, kan orang ada yang suka nge-lem, dicari senyawa menguapnya, dihirup. Mungkin ada pelarut atau apa (dalam pembalut) yang bisa menguap dan bisa menimbulkan efek memabukkan,” jelas Prof Zullies.

Terkait hal ini menurut Prof Zullies, perlu dilakukan penelitian laboratorium untuk mengetahui senyawa apa yang terkandung di dalam pembalut.

“Kita dari akademisi juga bisa secara mandiri menguji itu, kalau diminta bisa, ada alat-alatnya. Nanti direbus, airnya kita injeksi ke alat misalnya gas kromatografi, bisa dilihat ada senyawa apa di dalam air rebusan itu. Coba nanti kita uji, karena setelah ada kasus ini kita jadi tertarik juga untuk tahu apa isi senyawa dalam pembalut,” ucapnya.
(samsularifin – harianindo.com)

x

Check Also

Wow! Presiden Jokowi Juga Ternyata Main Mobile Legends

Wow! Presiden Jokowi Juga Ternyata Main Mobile Legends

Jakarta – Di tengah-tengah kesibukannya sebagai Presiden RI, Jokowi ternyata masih menyempatkan diri untuk belajar ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135