Home > Ragam Berita > Nasional > Kemenag : Anggaran Buku Nikah Mencapai Miliaran Rupiah

Kemenag : Anggaran Buku Nikah Mencapai Miliaran Rupiah

Jakarta – Direktorat Jenderal Bimbingan Islam, Kementerian Agama mencatat, anggaran untuk pengadaan buku nikah untuk seluruh Indonesia mencapai miliaran rupiah pada tahun ini.

Kemenag : Anggaran Buku Nikah Mencapai Miliaran Rupiah Kemenag : Anggaran Buku Nikah Mencapai Miliaran Rupiah

Buku nikah

“Anggaran buku nikah total Rp4.360.400.000,” ujar Direktur Bina Kantor Urusan Agama dan Keluarga Sakinah Ditjen Bimas Islam, Kementerian Agama, Mohsen, Kamis (15/11/2018).

Sementara itu, pengadaan buku nikah pada tahun ini mencapai empat juta buah. Buku nikah itu distribusikan ke Kantor Wilayah Kementerian Agama, mulai tingkat provinsi, kabupaten, kota hingga kantor urusan agama (KUA) di kecamatan.

Mohsen menuturkan, sejumlah daerah di Tanah Air, tercatat sebagai wilayah terbanyak permintaan buku nikah di antaranya, Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, Lampung, Sumatera Selatan, dan Provinsi Sumatera Utara.

Baca juga: Sandiaga Uno Ingin Kembali ke Jombang untuk Minta Maaf

Sebab, jumlah pernikahan di daerah tersebut tahun ini cukup banyak. “Daerah tidak terlalu banyak peristiwa nikah, yaitu Papua dan Nusa Tenggara Timur,” katanya.

Ia menambahkan, untuk nikah tidak dikenakan biaya atau gratis, jika pernikahan itu dilaksanakan di Balai Nikah di KUA Kecamatan. Tetapi, apabila pelaksanaan nikah itu di luar balai nikah, seperti di gedung atau di rumah salah satu pasangan, akan dikenakan biaya Rp600 ribu. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

PDIP Klaim Sudirman Said Pernah Gagal Saat Mencoba Rebut Kandang Banteng

PDIP Klaim Sudirman Said Pernah Gagal Saat Mencoba Rebut Kandang Banteng

Jakarta – Hasto Kristiyanto mengaku mengetahui tentang rencana kubu Calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135