Aalst – Dani Pedrosa secara resmi telah pensiun sebagai pembalap motor grand prix usai melakoni balapan terakhirnya di MotoGP Valencia 2018. Menanggapi pensiunnya Pedrosa tersebut, seorang pembalap penguji Tim Honda, Hiroshi Aoyama, membeberkan salah satu faktor yang melatarbelakanginya.

Inilah Faktor yang Buat Perfoma Pedrosa Tidak Kompetitif di Musim 2018Inilah Faktor yang Buat Perfoma Pedrosa Tidak Kompetitif di Musim 2018

Pedrosa pernah mengungkapkan bahwa dirinya merasa sudah tidak kompetitif lagi berlaga di MotoGP, sehingga ia memilih pensiun. Tercatat, pada musim 2018, pembalap asal Spanyol itu tidak pernah sekalipun menyelesaikan balapan di posisi podium. Bahkan, gelaran MotoGP 2018 bisa dibilang menjadi musim terburuk Pedrosa.

Semenjak berlaga di ajang MotoGP pada 2006, Pedrosa selalu berusaha untuk bisa bersaing di papan atas kejuaraan. Sebelum ini, catatan terburuk Pedrosa adalah dengan menempati posisi keenam klasemen akhir pembalap, yang mana itu terjadi pada musim 2016. Sedangkan di musim 2018, Pedrosa harus rela finis di urutan ke-11 klasemen akhir.

Aoyama menilai faktor yang membuat Pedrosa tak lagi kompetitif di arena disebabkan oleh perkembangan motor MotoGP. Pasalnya, motor MotoGP saat ini lebih menuntut kondisi fisik. Sehingga, Pedrosa yang memiliki tubuh kecil dinilai Aoyama menjadi kesulitan untuk bisa mengendarai dan mengendalikan kuda besinya tersebut.

Bagi saya, Dani lebih sulit mengendarai motor MotoGP, dengan ukuran dan beratnya. Seperti saya, saya bukan pembalap yang hebat dan saya tahu kesulitan yang timbul pada motor seperti itu. Tapi, dia (Pedrosa) memiliki bakat yang hebat dan masih cukup bagus untuk menang,” ujar Aoyama sebagaimana diberitakan Speedweek pada Rabu (28/11/2018). (Tita Yanuantari – harianindo.com)