Home > Ragam Berita > Nasional > Akan Bentuk Tim Saber Hoaks, Ridwan Kamil : “To Make Jabar a Better and Peaceful Places”

Akan Bentuk Tim Saber Hoaks, Ridwan Kamil : “To Make Jabar a Better and Peaceful Places”

Jakarta – Rencananya, dalam waktu dekat ini, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan membentuk tim sapu bersih (Saber) hoaks. Rencana tersebut, sempat ia posting melalui akun sosial media Instagram pribadinya @ridwankamil, pada Kamis (29/11/2018). Dalam unggahannya tersenit, Ridwan Kamil memasang poster bertuliskan Jabar Saber Hoax.

Akan Bentuk Tim Saber Hoaks, Ridwan Kamil : "To Make Jabar a Better and Peaceful Places"

“Coming soon to make Jabar a better and peaceful places. Agar Jabar tercinta selalu damai dan kondusif selalu #HantamHoax, ” tulis pria yang akrab disapa Kang Emil.

Ketika dikonfirmasi terkait hal tersebut, secara singkat Emil menjelaskan Jabar Saber Hoaks adalah sebuah tim yang bertugas untuk memverifikasi segala bentuk informasi hoaks.

“Jadi ini adalah kebutuhan zaman ini. Karena itu, daripada hanya defensif, jadi korban maka harus proaktif. Maka dibentuk tim taktis Jabar Saber Hoax. Tugansya untuk memverivikasi kalau sangat destruktif bisa dilanjutkan ke ranah hukum oleh sebuah lembaga,” ujar Emil saat ditemui di Gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro, Kamis siang.

Menurut Emil, tim semacam itu menjadi kebutuhan seiring derasnya arus informasi di masyarakat. Dia menilai munculnya berita bohong sering kali memunculkan pertikaian dan mengganggu kondusivitas daerah. Disinggung soal cara kerja tim tersebut, Emil mengaku akan mengumumkan program barunya itu pada pekan depan.

“Bagi kami Pemprov Jabar ada kebutuhan menjaga kondusivitas karena sekarang keresahan masyarakat pertengkaran itu dimulainya dari hadirnya informasi yang meresahkan tidak jarang datang dari berita yang difabrikasi atau bohong. Jenis hoaksnya apa saja yang jadi top of mind warga Jabar” tuturnya.

“Teknisnya nanti saja, Minggu depan,” jelasnya.

(Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

PKB Tak Pedulikan Pernyataan Habib Rizieq di Reuni Aksi 212

PKB Tak Pedulikan Pernyataan Habib Rizieq di Reuni Aksi 212

Jakarta – PKB ternyata tidak merasa khawatir dengan pernyataan Habib Rizieq Shihab dalam Reuni Akbar ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135