Jakarta – Sebelum pesat seperti sekarang ini, orang yang bermain game sepanjang hari akan dianggap buruk. Namun, belakangan ini maraknya eSport tampaknya mampu menepis anggapan tersebut.

SEA Games 2019 Resmi Pertandingkan Cabor eSport

Pasalnya, para gamers profesional mampu mendapatkan uang, bahkan membawa kehormatan bagi negara lewat ajang eSport internasional. Sebagaimana diberitakan Ubergizmo pada Kamis (29/11/2018) cabang olahraga modern ini hadir di SEA Games 2019. Tak hanya eksibisi atau uji coba, eSports bahkan secara resmi ditambahkan sebagai olahraga medali.

Ini artinya bahwa tim game yang mewakili negara mereka memiliki kesempatan untuk membawa pulang medali yang mirip dengan olahraga lain. Hal ini dikonfirmasi oleh Sekretaris Urusan Luar Negeri Filipina dan Ketua Panitia Asian Games Organizador Filipina (PhilSGOC) Emeritus Alan Peter Cayetano dalam konferensi pers.

“Kami sangat senang, gembira, dan merasa terhormat memiliki esports di SEA Games dengan Razer sebagai mitra. Gamer adalah bagian penting dari komunitas kami,” kata Cayetano.

Ini adalah langkah besar untuk mendapatkan eSports yang diakui oleh badan dan organisasi olahraga yang lebih tradisional. Sebelumnya Komite Olimpiade telah mengakui eSports sebagai kegiatan olahraga dan ada pembicaraan tentang bagaimana acara Olimpiade di masa depan bisa memiliki eSports. (Tita Yanuantari – harianindo.com)