Saada – Serangan udara koalisi pimpinan Arab Saudi di provinsi Saada, Yaman utara, Minggu (2/12/2018) malam menewaskan tiga warga sipil.

Tiga Warga Yaman Tewas karena Serangan Udara Arab Saudi

Sebagaimana diberitakan IRNA pada Senin (3/12/2018), helikopter Saudi menggempur wilayah distrik Qamael dan Baqim. Tiga warga sipil tewas dalam serangan tersebut.

Arab Saudi dan sejumlah sekutu di kawasan melancarkan operasi militer di Yaman pada Maret 2015. Koalisi bertujuan mengembalikan kekuasaan Presiden Abedrabbo Mansour Hadi dan menyingkirkan pemberontak Houthi.

Sekitar 16 ribu warga Yaman tewas dan ribuan lainnya terluka dalam konflik berkepanjangan ini. Berbagai upaya untuk menggelar dialog damai belum membuahkan hasil berarti.

Sebelumnya, pertempuran terbaru di kota pelabuhan Hudaidah d Yaman telah menewaskan sepuluh orang. Pertempuran antara pasukan pemerintah dan pemberontak Houthhi yang terjadi pada Jumat 30 November itu terjadi meski Perserikatan Bangsa-Bangsa menyerukan adanya dialog damai untuk mengakhiri konflik.

Baca juga: Paus Fransiskus: Gay Tidak Seharusnya Menjadi Pemuka Agama

Hudaidah adalah kota yang dikuasai Houthi. Kota tersebut adalah titik masuk utama untuk hampir semua barang impor dan bantuan kemanusiaan asing.

Jika semua syarat telah terpenuhi, semua kubu sepakat menghadiri dialog damai terbaru di Swedia. Dalam dialog ini, Presiden Hadi dijadwalkan hadir. (Tita Yanuantari – harianindo.com)