Mexico City – Pemerintah Meksiko berencana melelang pesawat kepresidenan. Presiden baru Andres Manuel Lopez menyebut langkah ini adalah bentuk penepatan janji kampanye.

Tepati Janji Kampanye, Pemerintah Meksiko Jual Pesawat Kepresidenan

Pesawat Boeing 787-8 terakhir kali digunakan pekan lalu saat membawa mantan Presiden Enrique Pena Nieto ke KTT G20 di Buenos Aires Argentina pekan lalu. Menurut juru bicara Bank Pembangunan Meksiko Barnobas, Jorge Mendoza, KTT G20 di Argentina adalah acara terakhir digunakannya pesawat kepresidenan.

Setelah itu, jet tersebut akan masuk ke tempat perawatan dan siap untuk dijual. Barnobas adalah pihak yang membeli jet tersebut dari pabrikan Boeing.

Saat dibeli beberapa tahun lalu, pesawat kepresidenan Meksiko dibeli seharga USD 128 juta atau setara Rp 3,1 triliun. Belum diketahui berapa harga awal yang dicantumkan untuk memulai lelang.

Presiden Lopez dikenal sebagai orang yang membumi. Sebelum jadi presiden, pria itu hanya mengendarai mobil Volkswagen Jetta dan bepergian jauh menggunakan pesawat komersial.

Baca juga: Tiga Warga Yaman Tewas karena Serangan Udara Arab Saudi

Resmi memangkan pemilu 1 Juli lalu, Lopez berjanji akan memperbaiki permasalahan yang terjadi di negaranya khususnya terkait kriminalitas, kesenjangan, dan korupsi.

Salah satu janjinya adalah akan menjual jet kepresidenan karena dia mengaku tidak membutuhkannya dan hanya memboroskan uang negara.

Selain berencana menjual pesawat kepresidenan, ke depannya Pemerintah Meksiko berencana menjual 60 pesawat milik pemerintah federal dan 70 helikopter. (Tita Yanuantari – harianindo.com)