Home > Ragam Berita > Internasional > PBB Tolak Kemerdekaan Papua Barat, Ini Sebabnya

PBB Tolak Kemerdekaan Papua Barat, Ini Sebabnya

Jakarta – Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui Komite Dekolonisasi PBB menolak petisi yang diklaim telah ditandatangani oleh 1,8 juta orang yang menyerukan dilakukannya referendum untuk menentukan kemerdekaan bagi Papua Barat.

PBB Tolak Kemerdekaan Papua Barat, Ini Sebabnya

Pada September 2017 lalu, pemimpin kemerdekaan Papua Barat Benny Wenda, meminta agar PBB menunjuk seorang perwakilan khusus untuk menyelidiki pelanggaran dan untuk menempatkan Papua Barat kembali pada agenda dekolonisasi.
Terkait hal ini, Komite Dekolonisasi PBB menegaskan bahwa isu Papua Barat bukanlah kewenangan mereka karena hanya 17 Non-self Governing Territory yang diakui PBB.

Berdasarkan data terakhir dari Sekretariat PBB 2017, ada 17 Non-self Governing Territory. Di antaranya yakni Guam, New Caledonia, Gibraltar, Cayman Island, Bermuda dan lainnya.

Dalam Piagam PBB, Non-Self Governing Territory sendiri adalah masyarakat yang belum mencapai syarat penuh untuk membentuk pemerintahan sendiri.

Sebelumnya, Ketua Komite Dekolonisasi PBB yang juga Dubes Venezuela untuk PBB, Rafael Ramirez, menolak hasil petisi yang disebutnya palsu dan tidak ingin dimanipulasi untuk tujuan politik.

Selain itu Ramirez menegaskan, komite menerima kedaulatan Indonesia atas Papua Barat, yang menguasai bagian barat Papua pada 1969.
(samsularifin – www.harianindo.com)

x

Check Also

Dilarang Berangkat ke Jakarta, Ulama Madura Ancam Blokade Jembatan Suramadu Dengan Truk

Dilarang Berangkat ke Jakarta, Ulama Madura Ancam Blokade Jembatan Suramadu Dengan Truk

Surabaya – Penghadangan aparat keamanan bagi kendaraan dari arah Madura ke Jakarta melalui Jembatan Suramadu ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135