Home > Ragam Berita > Nasional > Jokowi Akui Tidak Menduga Sertifikasi Satpam Makan Biaya Rp 10 Juta

Jokowi Akui Tidak Menduga Sertifikasi Satpam Makan Biaya Rp 10 Juta

Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi kaget saat mengetahui biaya sertifikasi profesi satuan pengamanan (Satpam) mencapai Rp 10 juta. Hal ini terungkap saat Jokowi berdialog dengan perwakilan Badan Pengurus Pusat Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengaman Indonesia (BPP Abujapi) dalam acara pembukaan Konferensi Industri Jasa Pengamanan di Istana Negara, Jakarta.

Jokowi Akui Tidak Menduga Sertifikasi Satpam Makan Biaya Rp 10 Juta

Joko Widodo

Dalam acara itu, Jokowi memanggil sejumlah satpam ke depan untuk berdialog. Pada kesempatan tersebut, salah seorang pengurus Abujapi bernama Ilal mengadu soal biaya sertifikasi yang tinggi.

“Ada yang ingin sampaikan mewakili teman-teman, pak. Biaya sertifikasi profesi security masih agak mahal di Indonesia,” katanya, Rabu, 12 Desember 2018.

“Berapa?” tanya Jokowi.

“Rp 5 juta – Rp 10 juta,” jawab Ilal.

Ilal menjelaskan sertifikat profesi satpam dikeluarkan oleh Kepolisian Republik Indonesia. Dari harga tersebut, kata dia, memang ada hitungan untuk setoran ke negara. “Ada PNBP-nya (Pendapatan Negara Bukan Pajak), pak,” ucapnya.

Mendengar penjelasan Ilal, Jokowi tampak kebingungan dan sempat berhenti bicara sebentar. Menurut dia, ia belum mengerti permasalahan sertifikasi ini dan berjanji akan mempelajarinya.

“Rp 5 juta – Rp 10 juta mahal itu, mahal. Komentar saya itu aja, mahal. Nanti akan saya lihat,” ujarnya.

Dalam sambutannya Jokowi mengatakan jika satpam bukan semata-mata satuan pengamanan melainkan wajah paling depan dari sebuah perusahaan atau lembaga. Pasalnya setiap pengunjung yang ingin masuk ke suatu kompleks, kantor, atau mall yang ditemui pertama kali adalah satpam.

“Makanya jadi anggota Satpam itu tidak mudah, saya tahu. Satu sisi harus siap melakukan pengamanan setiap saat, di sisi yang lain harus bisa tampil, ramah, menjelaskan,” ucapnya. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

PDIP Klaim Sudirman Said Pernah Gagal Saat Mencoba Rebut Kandang Banteng

PDIP Klaim Sudirman Said Pernah Gagal Saat Mencoba Rebut Kandang Banteng

Jakarta – Hasto Kristiyanto mengaku mengetahui tentang rencana kubu Calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135