Home > Ragam Berita > Nasional > Jokowi : Konflik di Indonesia Terjadi karena Perbedaan Pandangan Politik

Jokowi : Konflik di Indonesia Terjadi karena Perbedaan Pandangan Politik

Jakarta – Presiden Jokowi menilai konflik di Indonesia sering terjadi karena adanya perbedaan pandangan politik. Terutama, kata dia, karena perbedaan pilihan saat pemilu.

Jokowi : Konflik di Indonesia Terjadi karena Perbedaan Pandangan Politik

“Sering konflik itu dimulai dari apa sih? Dari pilihan urusan politik, pilihan Bupati, pilihan wali kota, pilihan gubernur,” kata Jokowi saat acara penyerahan 6.000 sertifikat tanah di Rumah Dinas Gubernur Riau, Kota Pekanbaru, Sabtu (15/12).

Padahal menurut Jokowi, perbedaan pilihan politik merupakan sesuatu hal yang lumrah. Terlebih pemilu pasti diselenggarakan setiap 5 tahun sekali, sebagai konsekuensi demokrasi.

“Jangan sampai, saya titip, karena pilihan bupati, pilgub, pilpres, antarkampung enggak saling sapa. Di majelis taklim tidak saling sapa, antar teman tidak saling sapa,” ujarnya.

Ia juga meminta masyarakat tak gampang mempercayai informasi yang berada di media sosial, karena bisa saja hoaks. Seperti hoaks yang menyerangnya, yakni terkait keanggotaan PKI. Padahal dirinya lahir tahun 1961, sementara PKI dibubarkan tahun 1965.

“Saya kadang geleng-geleng lihat media sosial,” ujar Jokowi.

Karena itu, ia mengajak masyarakat untuk menentukan pilihan dengan melihat sejumlah hal dari sosok calon. Mulai dari rekam jejak, prestasi, program serta gagasan yang ditawarkan.

Dengan begitu, Jokowi mengajak masyarakat untuk menjaga persatuan dan persaudaraan. Sebab menurutnya persatuan dan persaudaraan merupakan aset terbesar bangsa Indonesia.

“Saya titip marilah kita rawat, jaga, pelihara persatuan kita, persaudaraan, kerukunan kita. Karena aset terbesar bangsa ini persatuan dan kerukunan,” katanya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Mahfud MD Akui Geram dengan Berita Bohong dan Hoaks

Mahfud MD Akui Geram dengan Berita Bohong dan Hoaks

Jakarta – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto, geram dengan keberadaan berita bohong ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 409

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135