Hamamatsu – Pembalap Tim Suzuki Ecstar, Alex Rins, mengalami peningkatan yang signifikan di MotoGP 2018, khususnya pada paruh kedua musim. Bagaimana tidak, di musim keduanya bersama Suzuki itu, pembalap berpaspor Spanyol tersebut mampu mengakhiri kompetisi dengan berada di urutan kelima.

Alex Rins Alami Peningkatan Signifikan di MotoGP 2018

Berada di urutan kelima pada klasemen akhir pembalap MotoGP 2018 jelas merupakan torehan yang amat luar biasa bagi Rins. Pasalnya Rins sempat kesulitan di musim debutannya bersama tim pabrikan asal Jepang tersebut. Pada MotoGP 2017, Rins tercatat hanya mampu mengakhiri kompetisi dengan berada di urutan ke-16 saja.

Semakin pahamnya Rins akan motor GSX-RR miliknya dianggap menjadi salah satu penyebab mantan rekan Andrea Iannone itu tampil moncer di MotoGP 2018. Namun seperti apa yang dikatakan sebelumnya, performa Rins baru sangat terlihat mulai membaik ketika di paruh musim kedua.

Di sembilan seri balapan pertama Rins gagal menunjukkan inkonsisten terhadap performanya. Alhasil ia pun sempat lima race tak berhasil mencapai garis finis dan hanya mampu menempati dua kali posisi podium.

Namun, di paruh akhir MotoGP 2018, Rins justru mampu bangkit. Ia setidaknya berhasil mengemas tiga tempat podium di sembilan balapan terakhir itu. Tak hanya itu saja, Rins juga selalu mengakhiri balapan dengan menyentuh garis finis, tidak seperti di paruh awal musim.

Bila melihat poin, maka ada perbedaan besar yang signifikan. Pada paruh pertama MotoGP 2018, Rins hanya bisa mengumpulkan 53 poin. Sementara di paruh kedua, pembalap berusia 23 tahun itu mendulang angka menjadi dua kali lipat, yakni 116 poin. Hal tersebut telah membuktikan bahwa performa Rins mulai bangkit dan patut ditunggu apa yang akan terjadi di gelaran MotoGP 2019. (Tita Yanuantari – harianindo.com)