Home > Ragam Berita > Internasional > Nikki Haley Berharap Palestina Bersedia Berunding dengan Israel

Nikki Haley Berharap Palestina Bersedia Berunding dengan Israel

Washington – Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk PBB Nikki Haley berharap Palestina masih bersedia terlibat perundingan damai dengan Israel. Ia mengklaim Palestina dapat memperoleh banyak keuntungan dengan bernegosiasi.

Nikki Haley Berharap Palestina Bersedia Berunding dengan Israel

Nikki Haley

Hal itu diungkapkan Haley menyusul rencana AS meluncurkan kerangka perdamaian baru antara Palestina dan Israel yang dikenal dengan istilah “Deal of the Century”. Kerangka tersebut dilaporkan akan diumumkan AS pada awal 2019.

“Orang-orang Palestina memiliki segalanya untuk diperoleh dengan terlibat dalam negosiasi perdamaian. Rencana ini akan berbeda dari yang sebelumnya. Pertanyaan kritisnya adalah apakah responsnya akan berbeda,” kata Haley saat berbicara di pertemuan Dewan Keamanan PBB pada Selasa (18/12) seperti dikutip laman Aljazirah.

Ia tak memungkiri bahwa dengan kerangka perdamaian baru, Israel akan memperoleh keuntungan. Namun, bobotnya tak sebesar Palestina. “Kedua belah pihak akan mendapat banyak manfaat dari perjanjian perdamaian, tapi Palestina akan memperoleh manfaat lebih banyak dan Israel akan memgambil risiko lebih banyak,” ujar Haley sebagaimana diberitakan laman Al Araby pada Kamis (20/12/2018).

Haley tak menyinggung kapan AS akan mengumumkan kerangka perdamaian baru antara Palestina dan Israel yang disebut akan dirilis awal 2019. Ia hanya menyebut, kerangka itu membutuhkan waktu yang lebih lama.

“Ini jauh lebih lama. Ini mengandung lebih banyak detail yang bijaksana dan ini mengakui bahwa realitas di tanah Timur Tengah telah berubah dengan cara yang kuat dan penting,” katanya.

Baca juga: AS Mengesahkan Rencana Penjualan Rudal Patriot ke Turki

Ia mengatakan kerangka tersebut memiliki banyak sisi yang akan disukai Palestina dan Israel. Namun pada saat bersamaan, hal itu juga mengandung hal-hal yang tak dikehendaki kedua belah pihak.

Bila Palestina dan Israel hanya fokus pada bagian-bagian yang tidak mereka suka, menurut Haley, hal itu berarti kembali ke status quo yang gagal dalam 50 tahun terakhir. Sedangkan jika Palestina dan Israel fokus pada hal-hal yang mereka suka, negosiasi perdamaian akan mengalami kemajuan. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pemerintah Prancis Dikabarkan Naikkan Gaji Polisi

Pemerintah Prancis Dikabarkan Naikkan Gaji Polisi

Paris – Pemerintah Prancis mengatakan bakal menaikan gaji kepada petugas kepolisian, menyusul terjadinya aksi unjuk ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 409

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135