Home > Ragam Berita > Nasional > Ternate Diguncang Gempa Berkekuatan 5,4 SR

Ternate Diguncang Gempa Berkekuatan 5,4 SR

Ternate – Gempa bumi bermagnitudo 5,4 mengguncang wilayah Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, pada Selasa (25/12/2018) sekitar pukul 16.18 WIT.

Ternate Diguncang Gempa Berkekuatan 5,4 SR

Pusat gempa berada di posisi 1,25 LU dan 126,46 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 114 km arah barat laut Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara pada kedalaman 49 kilometer.

Data dari BMKG bahwa gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat deformasi batuan pada Lempeng Laut Maluku.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa di wilayah laut di sebelah barat laut Kota Ternate ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar naik (thrust fault).

Guncangan gempa ini dilaporkan dirasakan di daerah Ternate, Tidore, Sofifi, Weda, dan Jailolo II-III MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Baca juga: Korban Meninggal Dalam Tsunami di Selat Sunda Mencapai 429 Orang

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa tidak berpotensi tsunami. Hingga pukul 16.35 WIT, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan (aftershock).

Sementara itu, masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Debat Kedua Pilpres 2019, Jokowi Sebut Prabowo Memiliki Tanah Ratusan Hektare

Debat Kedua Pilpres 2019, Jokowi Sebut Prabowo Memiliki Tanah Ratusan Hektare

Jakarta – Dalam debat kedua kontestan Pilpres 2019 di Hotel Sultan Jakarta, pada Minggu (17/2/2019) ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 409

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135