Jakarta – Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi, Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, ketiga orang yang ditetapkan tersangka oleh Satgas Antimafia Sepak Bola diduga mengatur pertandingan sepak bola Liga 3 di Jawa Tengah.

Argo Yuwono : Tersangka Mafia Bola Atur Jalannya Pertandingan di Liga 3

“(Diduga mengatur pertandingan) Liga 3. (Pertandingan) di Jawa Tengah,” kata Argo di Mapolda Metro Jaya pada Jumat (27/12/2018).

Untuk peran ketiga tersangka tersebut, Argo menuturkan pihaknya masih mendalaminya. Penetapan ketiganya setelah penyidik memeriksa 11 saksi. “Peran masih di dalami. Yang jelas ketiganya sudah tersangka setelah memeriksa 11 saksi,” ujarnya.

Satuan Tugas (Satgas) Antimafia Sepak Bola menetapkan tiga tersangka dugaan pengaturan skor pertandingan sepak bola di liga Indonesia. Ketiga tersangka yakni Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Johar Lin Eng, mantan Anggota Komisi Wasit berinisial P dan anaknya berinisial A.

Penangkapan ketiga tersangka berawal dari laporan seorang pelapor berinisial LI, bahwa adanya dugaan pengaturan skor di liga 2 dan Liga 3 sepak bola Indonesia di Jawa Tengah khususnya.

Setelah menerima laporan tersebut, Argo menyatakan telah memeriksa 11 saksi. Setelah mendengar keterangan, akhirnya polisi meningkatkan status perkara ini menjadi penyidikan.

“Kami sudah memeriksa saksi ada sekitar 11 kemudian tanggal 24 Desember dari keterangan saksi penyidik melakukan gelar perkara untuk menentukan naik sidik,” ujar Argo.

Baca juga: Prabowo Imbau Masyarakat Tidak Jadi Golongan Putih saat Pemilu 2019

Argo mengungkapkan, setelah itu tim bergerak ke daerah Semarang, pada operasi itu, polisi menangkap Priyanto di Semarang. “Penyidik juga menangkap di daerah Pati inisial A itu,” ucap Argo.

Setelah penangkapan itu, Argo mengatakan, untuk tersangka Priyanto saat ini dilakukan pemeriksaan di Polda Jawa Tengah. Sedangkan, tersangka A langsung diterbangkan ke Jakarta. “Kemudian untuk nanti tersangka P akan kami bawa ke Jakarta tapi menunggu waktu,” kata Argo. (Tita Yanuantari – harianindo.com)