Home > Ragam Berita > Nasional > Jalur Puncak Bogor Bakal Diberlakukan Sistem Buka Tutup Pada Malam Tahun Baru

Jalur Puncak Bogor Bakal Diberlakukan Sistem Buka Tutup Pada Malam Tahun Baru

Jakarta – Pergantian tahun 2019, memang tinggal menunggu hari. Kondisi arus lalu lintas menuju kawasan wisata Puncak, mulai dari Simpang Pos Polisi Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, terpantau mengalami kepadatan kendaraan yang cukup signifikan.

Jalur Puncak Bogor Bakal Diberlakukan Sistem Buka Tutup Pada Malam Tahun Baru

Kasat Lantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama mengatakan, kemacetan tersebut terjadi sejak pukul 06.00 WIB dari Simpang Gadog hingga sepanjang empat kilometer. Pasalnya, tak sedikit warga yang mulai berdatangan guna merayakan tahun baru di beberapa penginapan di kawasan tersebut.

“Volume kendaraan dari Jakarta mengarah ke Puncak sudah meningkat sejak pagi tadi. Ini terjadi. Karena hotel di Puncak banyak yang menggunakan sistem paket tahun baru sehingga tanggal ini merupakan waktu masuknya, ” kata Hasby, Sabtu (30/12/2018).

Jalur menuju puncak saat ini memang masih ditutup hingga sore nanti. Menurut Hasby, pada tanggal 31 Desember hingga 1 Januari, jalur puncak menuju Jakarta akan ditutup selama 12 jam mulai dari 18.00 WIB dan kembali dibuka pada pukul 06.00 WIB.

“Kami imbau pengunjung hotel masuk sebelum waktu yang sudah ditentukan,” katanya.

Dalam kepadatan arus kali ini, terdapat simpul-simpul kemacetan di sepanjang Jalur Puncak. Di antaranya Simpang Pasir Muncang, Simpang Pasir Angin, Simpang Mega Mendung, Simpang Taman Wisata Matahari, Simpang Taman Safari, dan Simpang Warung Kaleng.

Berdasarkan catatan Kepolisian, jumlah kendaraan yang masuk ke jalur Puncak per tanggal 29 Desember kemarin, mencapai 35.367 kendaraan. Sementara, yang menuju Jakarta dari catatan gerbang pintu Tol Ciawi sebanyak 26.030 kendaraan.

Guna mengurai kemacetan panjang tersebut, pihak Kepolisian masih memberlakukan sistem satu arah (one way) dari arah Jakarta menuju kawasan Puncak lebih awal dari jadwal biasanya yaitu mulai pukul 07.00 WIB.

“Tadi kami sudah lakukan satu arah ke atas (Puncak) lebih awal karena volume kendaraan terus meningkat. Satu arah ini kita lakukan sampai pukul 12.30 WIB namun sifatnya situasional,” jelas Hasby.

Kepolisian Bogor juga bakal menerjunkan 250 personel terdiri dari Lantas, Sabhara maupun anggota Polsek Ciawi, Megamendung maupun Cisarua. Hasby pun mengimbau agar masyarakat yang hendak menuju Cianjur, Cibodas, Ciloto, Taman Bunga maupun ke Bandung dan sekitarnya, untuk menggunakan jalur alternatif via Jonggol maupun Sukabumi karena lebih cepat.

“Imbauan kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan dari Bogor menuju Cianjur menggunakan jalur alternatif dua melalui jalur Jonggol Cileungsi dan Cibubur dengan jarak 86 kilometer maupun Tol Bocimi via Sukabumi, “tutupnya.

Untuk malam tanggal 30 Desember ini akan ada kegiatan keagamaan di Masjid Attawun pada pukul 20.00-01.00 WIB. Diharapkan masyarakat menghindari jalur tersebut karena akan terjadi kepadatan dan gunakan jalur alternatif yang disiapkan oleh petugas (Jonggol dan Sukabumi).

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

MUI Angkat Bicara Terkait Perusakan Makam di Magelang

MUI Angkat Bicara Terkait Perusakan Makam di Magelang

Jakarta – Perusakan puluhan nisan salib di sejumlah pemakaman umum di Kota Magelang, Jawa Tengah, ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 409

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135