Jakarta – Pernah merasa kesepian?, pasti pernah. Rata – rata semua orang pernah merasakan kesepian.

Inilah Beberapa Tip untuk Atasi Kesepian

Merasa kesepian biasanya dirsakan seseorang saat sedang sendiri atau bahakan ditempat ramaipun bisa merasa kesepian.
Misalnya, saat berada sendiri dirumah dan tak ada rencana untuk dilakukan di akhir pekan. Bisa membuat orang tersebut merasa kesepian. Merasakan kesepian di tempat ramai pun sering terjadi, saat sedang duduk bersama teman – teman di cafe bukannya bahagia malah merasa kesepian.

Seorang terapis dari Kanada Julia Kristina mengartikan kesepian merupakan perasaan yang mendalam yang tidak terhubung dengan siapa pun yang kita anggap penting dan istimewa.

Sebenarnya kesepian lumrah terjadi pada diri seseorang. Dikutip dari situs pyschocentral.com Kristina mengatakan bahwa perasaan kesepian itu seperti perasaan aneh, hampa, dan hancur yang tidak bisa dimenegerti.

Beberapa klien Kristina pernah mengatakan bahwa perasaan kesepian yang mereka rasakan ketika seolah mereka sedang sendirian dan tak satu orangpun yang merasakan hal yang sama seperti yang mereka rasakan. Perasaan kesepian itu sendiri dapat sering muncul, dapat pula hilang dengan cepat.

Kristina juga menambahkan bahwa semua orang pasti pernah mengalami kesepian, namun mereka tidak mau mengungkapkannya. Padahal kesepian bisa dialami oleh siapa saja.

Mereka takut yang takut terbuka akan kesepiannya bisa jadi pernah ditolak sebelumnya. Lebih memilih memakai topeng karena takut menjadi diri sendiri yang dianggap tak cukup baik.

Saat sedang kesepian, cenderung kita akan lebih mnuup diri dan mersa semakin sendiri dan semakin berat dalam menjalani hari.

Terapis Jennifer L.Silvershein menyarakan agar orang – orang yang mersakan kesepian untuk membuat aktivitas yang mampu membangkitkan kembali hubungan diri dengan orang lain. Seperti hal sederhana yang bisa kita laukan sehari –hari, membuat kontak mata dengan orang lain saat dikendaraan umum, menulis surat untuk orang tercinta,bermain dengan hewan peliharaaan ataupun melakukan meditasi.

Ia juga menambahkan, melibatkan diri dengan kegiatan bertema sukarelawan juga bisa membantu kita merasa lebih bahagia. Membantu orang lain akan membuat kita membantu diri kita sendiri.

Silvershein juga selalu mengingatkan kliennya agar seperti baterai. Bagaimana baterai dapat terus terisi. Itu bisa dilakukan dengan kegitan bersama teman, membaca, ikut kelas hobi. Sedangkan yang dapat menbuat batrei habis, misalnya menelpon pacar atau menunda tugas. (Tita Yanuantari – harianindo.com)