Home > Ragam Berita > Internasional > Bentrok Militer Myanmar, PBB Evakuasi Ribuan Warga Rakhine

Bentrok Militer Myanmar, PBB Evakuasi Ribuan Warga Rakhine

Rakhine – Ribuan warga Rakhine terlantar. Hal tersebut merupakan akibat pertempuran militer Myanmar dan milisi Arakan. Kabar itu pun langsung diungkapkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Bentrok Militer Myanmar, PBB Evakuasi Ribuan Warga Rakhine

PBB

Juru bicara PBB Farhan Haq menjelaskan, selama beberapa hari terakhir, bentrokan terus berlangsung. Hal tersebut terjadi setelah serangan kelompok gerilyawan ke pos-pos polisi di Kotapraja Buthidaung. PBB pun hingga kini masih melakukan evakuasi para warga sipil.

Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan memimpin misi pada 29-31 Desember lalu ke desa-desa Taung Min Kalar dan Kan Sauk di kota Kyauktaw dan Auk Thin Pone Tan dan Hpar Kywe Wa di kota Ponnagyun yang saat itu menampung sekitar 1.600 pengungsi.

Pertempuran muncul di negara bagian Rakhine pada awal Desember antara pasukan pemerintah dan milisi Arakan pemberontak yang menginginkan otonomi luas bagi Rakhine.

Baca juga: Duterte Kecam Kinerja Lambat Auditor Pemerintah

Koordinator residen PBB untuk Myanmar Knut Ostby mencemaskan situasi keamanan di Negara Bagian Rakhine barat. Hal itu menyusul terjadinya praertempuran antara militer Myanmar dan milisi Arakan Army.

Ostby menyerukan kepada kedua belah pihak agar memastikan perlindungan bagi warga sipil di wilayah tersebut. “Ostby selanjutnya meminta kepada semua pihak mengintensifkan upaya untuk menemukan solusi damai untuk situasi dan memastikan akses kemanusiaan ke semua orang yang terkena dampak kekerasan,” kata PBB pada Rabu (9/1/2018). (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Trump Ajukan Dana Pembangunan Tembok Perbatasan AS-Meksiko

Trump Ajukan Dana Pembangunan Tembok Perbatasan AS-Meksiko

Washington – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump belum lama ini melontarkan pernyataan. Dia menilai ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135