Home > Ragam Berita > Internasional > Ribuan Jangkrik Menyerbu Mekkah dan Masjidil Haram

Ribuan Jangkrik Menyerbu Mekkah dan Masjidil Haram

Mekkah – Ribuan jangkrik hitam dari famili true crickets (Gryllidae) ‘menginvasi’ Mekkah dan Masjidil Haram pada Jumat (11/1/2019).

Ribuan Jangkrik Menyerbu Mekkah dan Masjidil Haram

Sejumlah video dan foto yang menggambarkan bagaimana serangga tersebut mengerubungi sekolah, rumah dan Masjidil Haram, bertebaran di media sosial.

Sejumlah warga di Mekkah mengaku baru pertama kali ini melihat fenomena ribuan jangkrik ‘menyerang’ Mekkah, setelah sebelumnya badai melanda kota itu.

“Pada Sabtu malam saya berdoa di Masjid Suci dan serangga ada di mana-mana, di masjid, tidak hanya di halaman, tetapi bahkan di sekitar Ka’bah,” kata seorang warga, seperti dikutip dari The National, Jumat (11/1/2019).

“Saya telah tinggal di Mekkah seumur hidup saya dan saya belum pernah menyaksikan sesuatu seperti ini sebelumnya,” lanjutnya.

Fenomena ini juga membuat sejumlah pakar merasa bingung.

“Ini adalah pertama kalinya bagi saya untuk melihat spesies ini dalam jumlah besar. Saya tidak terkejut bahwa orang mengatakan hal yang sama,” kata Dr Judas, manajer dan penasihat ilmiah keanekaragaman hayati terestrial di WWF dan Emirates Nature.

“Saya belum pernah melihat ies ini dalam jumlah sebesar ini,” imbuhnya.

Menurut Judas, ribuan jangkrik hitam itu diduga berasal dari sejumlah budidaya jangkrik untuk pakan burung yang berlokasi di Semenanjung Arab.

“Ini bisa menjadi insiden di mana jangkrik di suatu penangkaran telah melarikan diri dan menyebar dalam jumlah besar, jika tidak, mungkin ada kondisi khusus yang mendukung pengembangan dan penyebaran mereka. Tapi aku tidak tahu apa yang akan terjadi,” ujar Dr Judas.

Otoritas setempat telah mengambil langkah-langkah penanggulangan, yakni dengan melakukan pengasapan insektisida di seluruh Kota Mekkah.
(samsularifin – harianindo.com)

x

Check Also

Usai Debat Perdana Pilpres 2019, Prabowo : Aku Tadi Tegang

Usai Debat Perdana Pilpres 2019, Prabowo : Aku Tadi Tegang

Jakarta – Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, mengaku tegang saat megikuti acara debat ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135