Home > Ragam Berita > Nasional > Mendagri Berikan Klarifikasi Terkait Pernyataan Bupati Bekasi

Mendagri Berikan Klarifikasi Terkait Pernyataan Bupati Bekasi

Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, memberikan klarifikasi tentang pernyataan Bupati Bekasi nonaktif, Neneng Hassanah, terkait izin Meikarta. Menurut Tjahjo, kewenangan perizinan proyek pengembangan properti tersebut merupakan kewenangan Pemkab Bekasi dan Pemprov Jawa Barat.

Mendagri Berikan Klarifikasi Terkait Pernyataan Bupati Bekasi

Tjahjo Kumolo

“Sudah dijelaskan Dirjen Otonomi Daerah (Otda) yang dipanggil oleh KPK untuk memberikan kesaksian atas kewenangannya yang telah mempertemukan antara Pemda Jabar dan Pemkab Bekasi. Pertemuan itu untuk kejelasan perizinan Meikarta dan merupakan kewenangan Pemda Jabar dan Pemkab Bekasi,” ujar Tjahjo pada Senin (14/1/2018).

Dia melanjutkan, hasil pertemuan ini lantas diinformasikan kepada dirinya oleh Dirjen Otda, Soni Sumarsono. “Disampaikan bahwa kewenangannya oleh Pemkab Bekasi. Intinya demikian,” tegas Tjahjo.

Kemudian, Tjahjo juga mengungkapkan bahwa dirinya memonitor pertemuan antara Pemprov Jabar dan Bupati Bekasi. Rapat tersebut difasilitasi Dirjen Otda dan dilakukan secara terbuka.

Baca juga: Jokowi : CVR Lion Air Bisa Jadi Data Pendukung Penyebab Kecelakaan

“Hasil pertemuan itu pun diinformasikan kepada saya. Setiap ada masalah perizinan yang antara pemda belum bisa memutuskan, selalu terbuka bagi Kemendagri untuk memfasilitasi aturan yang benar. Termasuk Pemkab Bekasi dan Pemprov Jabar soal izin Meikarta, demikian silakan dibantu izinnya sesuai dengan ketentuan,” tegas Tjahjo.

Sebelumnya, Bupati Bekasi nonaktif, Neneng Hassanah, menjadi saksi dalam persidangan kasus dugaan suap terkait perizinan proyek Meikarta dengan terdakwa Billy Sindoro dan kawan-kawan. Dalam kesaksiannya di Pengadilan Tipikor, Bandung, Senin, Neneng menyebut nama Mendagri, Tjahjo Kumolo dalam proses perizinan Meikarta. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Ada Ambulans Parpol Penuh Batu Pada Kerusuhan 22 Mei Dinihari

Ada Ambulans Parpol Penuh Batu Pada Kerusuhan 22 Mei Dinihari

Jakarta – Polisi menemukan satu mobil ambulans dari salah satu parpol yang berisi batu saat ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135