Home > Ragam Berita > Nasional > Bupati Sragen Berikan Komentar Terkait Pidato Prabowo

Bupati Sragen Berikan Komentar Terkait Pidato Prabowo

Jakarta – Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati angkat bicara terkait pernyataan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dalam pidato kebangsaan di Jakarta pada Senin (14/1/2019) malam.

PKS Nilai Pidato Prabowo Terlalu Lama dan Tidak Fokus

Dalam pidatonya, Prabowo menyinggung soal krisis air bersih di Sragen, Jawa Tengah. Masyarakat yang tinggal di wilayah seluas 941,6 kilometer persegi itu banyak yang kesulitan air bersih.

Yuni mengatakan, karakteristik wilayah Sragen yang sebelah utara Sungai Bengawan Solo itu adalah deretan pegunungan kendeng. Jenis tanahnya adalah kapur. Sehingga, di wilayah tersebut tidak ada air.

Berdasarkan data BPBD Sragen, lanjut Yuni, terdapat tujuh kecamatan, 36 desa dan 146 dukuh yang terdampak kekeringan tahun 2018.

“Kami di Pemerintah Kabupaten Sragen bukannya tidak melakukan apa-apa, tapi kami melakukan berbagai upaya untuk mengatasi kekeringan,” kata Yuni di Sragen, Jawa Tengah, Selasa (15/1/2019).

Upaya untuk mengatasi kekeringan itu, lanjut Yuni, pihaknya mengajukan izin kepada pengelola Waduk Kedung Ombo agar PDAM Sragen mengambil air baku di sana. Air tersebut guna melayani warga di wilayah utara Sragen.

“Permintaan itu disetujui sebesar 150 liter per detik. Kemudian program hibah insentif desa, dan penambahan wilayah pelayanan baru PDAM di wilayah utara, yaitu sistem pengolahan air minum ibu kota kecamatan di kecamatan,” jelas dia.

Baca juga: Mendagri Pernah Imbau Neneng Segera Selesaikan Izin Meikarta

Yuni juga mengatakan, Pemprov Jateng telah membangun embung baru di Desa Cepoko, Kecamatan Sumberlawang dengan dana Rp 1,2 miliar tahun 2017. Kemudian, pembuatan sumur dalam melalui Dinas ESDM Provinsi di Desa Mojopuro, Sumberlawang.

“Dari pemerintah pusat kami mendapatkan Pamsimas reguler. Seluruh daerah di Sragen sudah ada Pamsimasnya di wilayah utara Bengawan Solo,” tambahnya. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Menag Minta ASN Kemenag Yang Pungli Dana Rehab Masjid Pasca Gempa Dihukum Berat

Menag Minta ASN Kemenag Yang Pungli Dana Rehab Masjid Pasca Gempa NTB Dihukum Berat

Jakarta – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin minta agar polisi memberikan hukuman seberat-beratnya bagi aparatur ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135