Home > Ragam Berita > Nasional > Polisi Akui Telah Selidiki Ribuan Akun Hoax Selama Tahun 2018

Polisi Akui Telah Selidiki Ribuan Akun Hoax Selama Tahun 2018

Jakarta – Mendekati hari pencoblosan Pemilu 2019, polisi terus berupaya menangkal berita bohong alias hoaxdan ujaran kebencian yang beredar. Terakhir, aparat berhasil mengungkap penyebar hoax tujuh kontainer kotak suara yang sudah tercoblos.

Polisi Kejar Pembuat dan Buzzer Berita Hoax 7 Kontainer Surat Suara Tercoblos

Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Nusantara, Irjen Pol Gatot Eddy Pramono mengungkap, data konten hoax selama 2017 hingga 2018. Menurut Gatot, ada beberapa kategori penyebaran hoax, baik di media sosial dan lainnya. Tentunya, mulai dari grup WhatsApp.

“Selama 2017, ada sebanyak 255 akun asli, 357 akun semi anonim, 733 akun anonim. Sedangkan 2018, sebanyak 643 akun asli, 702 semi anonim, dan 2533 akun anonim. Jumlah konten yang diselidiki Polri, sampai bulan Desember 2018 sebanyak 3.878. Lebih dari setengahnya, berasal dari jumlah laporan tahun 2018,” kata Gatot, saat diskusi Pemilu, Hoax dan Penegakan Hukum di Jakarta Pusat pada Selasa (15/1/2019).

Gatot menambahkan, hoax makin bertebaran sejak Desember 2018. Kata dia, jumlah akun anonim melonjak 100 persen dibanding 2017. Pihak Polri akan terus memonitor kemunculan hoax yang bertebaran.

“10 persen di antaranya dilakukan sidik. Selebihnya dilakukan proses pemblokiran, monitoring, dan pendalaman,” ujarnya.

Baca juga: Polri Nilai Pidato Prabowo Adalah Hal Wajar

Kemudian, Gatot mengingatkan, hoax dengan menyuguhkan ujaran kebencian terkait isu sensitif akan memecah persatuan bangsa. Polarisasi berpotensi muncul dengan hoax ini.

“Menyebarkan berita hoax, ujaran-ujaran kebencian, apalagi yang diangkat isu-isu yang sensitif dapat memecah persatuan bangsa ini,” ujarnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Hendropriyono Beberkan Laporan Akan Ada Bom di Aksi 22 Mei

Hendropriyono Beberkan Laporan Akan Ada Bom di Aksi 22 Mei

Jakarta – Sejumlah orang yang menamakan dirinya sebagai Gerakan Kedaulatan Rakyat dikabarkan akan menggelar aksi ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135