Surabaya – Kota Surabaya mendapat tanggapan positif dari Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Rosa Vivien Ratnawati.

Kementerian LHK Sanjung Pengelolaan Sampah di Surabaya

Kementerian LHK Sanjung Pengelolaan Sampah di Surabaya

Tanggapan itu terkait kebijakan Pemerintah Kota Surabaya dalam hal pengelolaan limbah sampah yang baik. Rosa menilai kalau pengelolaan sampah di Kota Surabaya sangat inovatif. Menurutnya, kunci dari pengelolaan sampah yang baik itu adalah pemilahan dari sumbernya.

Lebih lanjut Rosa menjelaskan pengelolaan dengan pemilahan dari sumbernya itu seperti sampah rumah tangga, dan Surabaya telah berhasil dalam hal tersebut. Rosa menilai keberhasilan tersebut juga dikarenakan adanya leadership kuat yang dimiliki Walikota Surabaya, Tri Rismaharini.

“Surabaya memang patut dicontoh, Ibu Risma dan jajarannya yang telah bekerja keras, kuncinya memang leadership yang kuat,” kata Rosa saat ditemui di Taman Bungkul, Surabaya, Sabtu (12/01/2019).

Baca juga : PNS Pemkot Malang Ini Diciduk Polisi lantaran Kedapatan Miliki Narkoba

Hal senada juga diungkapkan oleh Direktur Regional UN Environment untuk wilayah Asia Pasifik, Dechen Tsering. Bahkan Dechen menilai hidup di Indonesia adalah sebuah keberuntungan. Sebab menurutnya hal itu didasari bahwa Indonesia memiliki kapasitas kepemimpinan yang bagus, khususnya menteri LHK.

“Kalian beruntung menjadi warga Indonesia,” kata Dechen saat ditemui di kesempatan yang sama.

Lebih lanjut Dechen menjelaskan bahwasanya Menteri LHK Siti Nurbaya juga ikut ambil peran dalam upaya pengelolaan sampah laut. Dechen mengatakan bahwa sebagian besar sampah laut berasal dari Asia Tenggara. Dirinya juga menyadari bahwa Indonesia dan negara lainnya di Asia Tenggara tengah berupaya keras untuk menangani permasalahan tersebut.

“Terkait sampah laut, kita sudah bisa melihat awareness, kebijakan, peraturan dan pelaksanaannya,” pungkas Dechen.
(Muspri-harianindo.com)