Home > Ragam Berita > Internasional > Militer AS-Inggris Lakukan Latihan Bersama di Laut Cina Selatan

Militer AS-Inggris Lakukan Latihan Bersama di Laut Cina Selatan

Washingron – Amerika Serikat (AS) dan Inggris telah menggelar latihan gabungan Angkatan Laut (AL) pertama di Laut Cina Selatan yang disengketakan sejak Cina membangun pangkalan di wilayah perairan itu.

Militer AS-Inggris Lakukan Latihan Bersama di Laut Cina SelatanMiliter AS-Inggris Lakukan Latihan Bersama di Laut Cina Selatan

Latihan itu digelar saat Washington mengupayakan bantuan dari sekutu-sekutunya untuk menekan Beijing.

Menurut rilis pers dari AL AS, kapal perusak rudal berpemandu AL AS USS McCampbell yang berpangkalan di Jepang dan kapal frigate Angkatan Laut Kerajaan Inggris HMS Argyll yang tengah melakukan lawatan Asia, menggelar latihan komunikasi dan latihan lain dari Jumat pekan lalu hingga Rabu (16/1/2019) untuk menangani prioritas keamanan bersama.

“Belum ada catatan baru mengenai operasi bersama, khususnya di Laut Cina Selatan,” kata juru bicara AL AS kepada The Washington Post pada Kamis (17/1/2019).

Menurut juru bicara itu, tidak ada latihan gabungan yang dilakukan di wilayah tersebut setidaknya sejak 2010.

Latihan itu digelar setelah kapal perang Inggris lainnya yang berbobot 22 ribu ton, HMS Albion, berlayar dekat gugusan pulau Paracel yang diklaim Cina di Laut Cina Selatan pada Agustus.

Baca juga: Moskow Tampik Isu Trump Memiliki Hubungan dengan Kremlin

Itu kali pertama Inggris secara langsung menantang kontrol Cina yang menguat di jalur pelayaran strategis tersebut dan terjadi setelah AS mengatakan pihaknya ingin lebih banyak partisipasi internasional dalam aksi semacam itu.

Sementara itu, USS McCampbell bulan ini juga melintasi gugusan pulau Paracel dengan jarak 12 mil bahari dalam operasi kebebasan bernavigasi, yang menurut AL AS, untuk menantang klaim maritim yang berlebihan. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Theresa May Bakal Siapkan Agenda Solutif untuk Brexit

Theresa May Bakal Siapkan Agenda Solutif untuk Brexit

London – Pemerintah Inggris harus menyiapkan agenda solusi alternatif untuk Brexit sampai hari Senin (21/1). ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135