Home > Ragam Berita > Nasional > Jokowi Keluarkan Keputusam Pemberhentian Gubernur Jambi Zumi Zola

Jokowi Keluarkan Keputusam Pemberhentian Gubernur Jambi Zumi Zola

Jakarta – Gubernur Jambi non aktif Zumi Zola resmi diberhentikan. Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan keputusan pemberhentian terpidana kasus gratifikasi dan suap pengesahan APBD Provinsi Jambi itu.

Jokowi Keluarkan Keputusam Pemberhentian Gubernur Jambi Zumi Zola

“Pemberhentian itu tertuang dalam Keppres Nomor 7/P Tahun 2019 tanggal 17 Januari 2019 yang telah diteken Presiden RI Joko Widodo,” kata Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri Bahtiar pada Jumat (17/1/2019).

Bahtiar mengatakan, Keppres pemberhentian Zumi Zola telah diserahkan ke Pemerintah Provinsi Jambi. Beleid itu menjadi dasar hukum bagi DPRD Provinsi Jambi untuk melakukan Paripurna pengumuman pemberhentian Gubernur Jambi secara tetap.

Zumi Zola nantinya akan digantikan oleh Wakil Gubernur Jambi. Pejabat tersebut akan diusulkan dalam rapat paripurna menjadi pelaksana tugas Gubernur Jambi untuk melanjutkan sisa masa jabatan Zumi Zola sampai 2022. “Nanti akan terbit Keppres pengangkatan Wakil Gubernur menjadi Gubernur,” katanya.

Bahtiar mengatakan, pelantikan gubernur menunggu penetapan dari Kementerian Sekretariat Negara. Sementara pengisian jabatan Wakil Gubernur yang kosong akan dilakukan setelah pelantikan Gubernur.

Baca juga: Yusril Beberkan Alasan Jokowi Bebaskan Baasyir

Zumi Zola divonis 6 tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsider 3 bulan kurungan oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor. Zumi terbukti bersalah karena menerima gratifikasi dan menyuap anggota DPRD Provinsi Jambi.

Menurut hakim, politikus PAN itu menerima gratifikasi senilai Rp 37,4 miliar, US$ 173 ribu dan Sing$ 100 ribu sejak Februari 2016 hingga November 2017. Dia juga menerima 1 unit mobil Toyota Alphard. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Remaja Asal Lombok Ini Ditangkap Polisi Usai Menghina Presiden Jokowi

Remaja Asal Lombok Ini Ditangkap Polisi Usai Menghina Presiden Jokowi

Jakarta – Seorang remaja yang berasal dari Lombok bernama Imran Sasmi, diciduk oleh Tim Resmob ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135