Home > Gaya Hidup > Istri Ustadz Maulana Meninggal Karena Kanker Usus, Begini Gejalanya

Istri Ustadz Maulana Meninggal Karena Kanker Usus, Begini Gejalanya

Jakarta – Istri Ustadz Maulana, Nuraliyah M. Nur Maunala (Umi Naorah), meninggal dunia pada Minggu (20/1/2019). Umi Naorah meninggal karena penyakit kanker usus yang dideritanya.

Istri Ustadz Maulana Meninggal Karena Kanker Usus, Begini Gejalanya

“Sebenarnya sakitnya terdektisi Ramadan, sudah sakit drop, tidak bisa ke Jakarta tidak apa-apa karena dia sakit, Sampai bulan Muharram baru masuk RS Ibnu Sina. Habis itu, ternyata ada kanker di usus dan itu di anus, dekat anus,” kata Ustadz Maulana.

Menurut keterangan dokter ahli pencernaan dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, FINASIM, kanker usus merupakan salah satu ‘pembunuh’ utama di dunia.

Penyakit ini sering dialami oleh pasien yang berumur di atas 50 tahun, meski mereka yang lebih muda juga bisa terkena kanker usus.

“Kanker usus kerap muncul tanpa gejala, namun harus waspada jika sudah menunjukkan tanda tertentu. Misal sulit atau sering buang air besar, yang kadang disertai pendarahan. Tanda lainnya adalah sakit perut berulang dan penurunan berat badan tanpa sebab,” kata dr Ari.

Selain gejala yang menyerupai ambeien, kanker usus juga lebih besar peluangnya diidap oleh mereka yang mengalami kesulitan BAB (buang air besar).

Mereka yang tinggal di lingkungan perokok dan kurang mengkonsumsi sayur dan buah juga beresiko tinggi terkena kanker usus.
(samsularifin – harianindo.com)

x

Check Also

Gaji Dokter Tak Sebesar Tukang Parkir, Ketua IDI Bangkalan Angkat Bicara

Gaji Dokter Tak Sebesar Tukang Parkir, Ketua IDI Bangkalan Angkat Bicara

Bangkalan – Menyikapi pernyataan Prabowo Subianto dalam pidato ‘Indonesia Menang’ di JCC Senayan, Jakarta, Senin ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135