Home > Ragam Berita > Nasional > Presiden Jokowi Sebut Pembebasan Abu Bakar Ba’asyir Bukan Tanpa Syarat

Presiden Jokowi Sebut Pembebasan Abu Bakar Ba’asyir Bukan Tanpa Syarat

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan bahwa rencana pembebasan Abu Bakar Ba’asyir adalah bebas bersyarat, bukan bebas murni. Karena itu, Ba’asyir harus memenuhi persyaratan yang telah diatur oleh hukum.

Presiden Jokowi Sebut Pembebasan Abu Bakar Ba’asyir Bukan Tanpa Syarat

“Ada mekanisme hukum yang harus kita lalui. Ini namanya pembebasan bersyarat. Bukan pembebasan murni, pembebasan bersyarat. Nah syaratnya harus dipenuhi,” ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Awalnya, rencana pembebasan Ba’asyir adalah murni faktor kemanusiaan karena usia dan kesehatan Ba’asyir yang makin menurun.

“Begini, kan sudah saya sampaikan bahwa karena kemanusiaan dan Ustaz Abu Bakar Ba’asyir sudah sepuh, kesehatannya juga sering terganggu. Bayangkan kalau kita sebagai anak melihat orang tua kita sakit-sakitan seperti itu. Itulah yang saya sampaikan secara kemanusiaan,” jelas Jokowi.

Namun karena bebas bersyarat, maka Ba’asyir harus memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan.

“Kalau masa ini ada sistem hukum, ada mekanisme hukum yang harus kita tempuh, saya justru nabrak kan nggak bisa. Apalagi ini situasi yang basic. Setia pada NKRI, setiap pada Pancasila,” tegas Jokowi.

Sebelumnya, Ditjen Pemasyarakatan Kemenkum HAM menjelaskan bahwa Ba’asyir bisa melakukan upaya pembebasan bersyarat pada 13 Desember 2018. Namun demikian, Ba’asyir harus persyaratan yang berlaku, salah satunya ikrar setia kepada NKRI seperti telah diatur dalam PP 99/2012.
(samsularifin – harianindo.com)

x

Check Also

Gunung Anak Krakatau Kembali Tunjukkan Aktivitas

Gunung Anak Krakatau Kembali Tunjukkan Aktivitas

Jakarta – Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Lampung dilanda 61 kali gempa sepanjang Jumat ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135