Home > Ragam Berita > Nasional > BMKG Keluarkan Peringatan Potensi Banjir di Beberapa Kawasan Aceh

BMKG Keluarkan Peringatan Potensi Banjir di Beberapa Kawasan Aceh

Banda Aceh – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan agar 11 daerah di Aceh mewaspadai potensi banjir akibat konvergensi di pesisir pantai Barat-Selatan di Aceh. Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Blang Bintang, Aceh, Zakaria Ahmad mengatakan, dampak dari dua fenomena alam tersebut telah mengakibatkan meningkatnya curah hujan.

BMKG Keluarkan Peringatan Potensi Banjir di Beberapa Kawasan Aceh

“Berpotensi terjadi petir, angin kencang, banjir, dan longsor di beberapa wilayah Aceh, meliputi Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Subulussalam, dan Simeulue,” kata Zakaria di Aceh Besar, Senin (28/1/2019).

Zakaria menjelaskan, sedangkan empat daerah lain yang berpotensi banjir berada di dataran tinggi wilayah Tengah di Aceh, seperti Aceh Tengah, Bener Meriah, Aceh Tenggara, dan Gayo Lues.

Baca juga: Bos ABU Tours Bakal Ajukan Banding Terkait Vonis Hukuman 20 Tahun Penjar

Menurut dia, kehadiran pusaran angin siklonik atau wilayah atmosfer bertekanan rendah terbentuk di wilayah perairan Barat Aceh, dan adanya konvergensi atau daerah pertemuan angin merupakan fenomena alam secara global. Dari pantauan radar yang terpasang di Stasiun Meteorologi Blang Bintang, Aceh Besar, kondisi cuaca hujan diperkirakan akan berlangsung hingga beberapa hari ke depan.

“Mulai hari ini pukul 07.00 WIB sampai Rabu (30 Januari). Masyarakat di Aceh harus bersiap menghadapi potensi hujan disertai petir, dan angin kencang,” ujar Zakaria. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Djarot Menyebut Ahok Tidak Mau Terlibat Aktif Dalam Kampanye

Djarot Menyebut Ahok Tidak Mau Terlibat Aktif Dalam Kampanye

Jakarta – Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab dipanggil Ahok, disebut-sebut tidak ingin kembali ke ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135