Home > Ragam Berita > Nasional > Ribuan Pengungsi Banjir di Pekalongan Memerlukan Bantuan Logistik

Ribuan Pengungsi Banjir di Pekalongan Memerlukan Bantuan Logistik

Pekalongan – Jumlah pengungsi akibat banjir di Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah mencapai 2.021 orang. Bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Tengah kini terus disalurkan untuk mencukupi kebutuhan para pengungsi.

Ribuan Pengungsi Banjir di Pekalongan Memerlukan Bantuan Logistik

Kepala Pelaksana Harian BPBD Jawa Tengah Sudaryanto mengungkapkan, ribuan warga terimbas banjir di hampir seluruh wilayah Pekalongan kini diungsikan ke sejumlah desa di dua kecamatan. Seperti kecamatan Buran dan kecamatan Tirto.

“Jumlah total berdasarkan pengecekan penanganan dan titik pengungsian di masing-masing wilayah pagi tadi mencapai 2.021 orang,” kata Sudaryanto, Senin (28/1/2019).

Ia menyatakan untuk posko penanganan banjir Kabupaten Pekalongan difokuskan di di Kantor Kecamatan Wiradesa. Secara bertahap bantuan logistik ke titik pengungsian terus dilakukan sejak kemarin. Petugasnya juga telah membangun pos-pos kesehatan di sejumlah titik.

Adapun kebutuhan mendesak yang kini diperlukan para pengungsi adalah logistik dapur umum mandiri, nasi bungkus, perlengkapan bayi, selimut, air mineral, makanan siap saji, popok bayi, obat kulit serta dapur umum induk.

Baca juga: Moeldoko: Jika Tidak Penuhi Syarat, Pembebasan Ba’asyir Bisa Dibatalkan

“Obat-obatan dan dapur umum sangat dibutuhkan para pengungsi mengingat cuaca dingin seperti ini. Jangan sampai para pengungsi diserang sakit, ” katanya.

Ia mengatakan, sebagian wilayah yang sebelumnya menggenang kini sebagian telah surut. Namun demikian, masih banyak genangan air dengan tinggi bervariasi baik di rumah-rumah warga maupun jalan. “Wilayah yang saat ini masih banyak tergenang banjir ada di Kecamatan Tirto dan Wonokerto,” katanya. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Djarot Menyebut Ahok Tidak Mau Terlibat Aktif Dalam Kampanye

Djarot Menyebut Ahok Tidak Mau Terlibat Aktif Dalam Kampanye

Jakarta – Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab dipanggil Ahok, disebut-sebut tidak ingin kembali ke ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135