Jakarta – Layanan berbagi video, YouTube, tidak lagi merekomendasikan video-video konspirasi karena dianggap membahayakan dan menjerumuskan seseorang ke dalam konspirasi tersebut.

YouTube Tidak Lagi Rekomendasikan Video Konspirasi Bumi Datar dan Lainnya

“Mereka bisa bertindak berdasarkan pemahaman yang salah dimengerti, yang bisa membahayakan diri mereka maupun orang lain,” demikian keterangan YouTube, seperti dikutip dari Ubergizmo, Sabtu (26/1/2019).

Meski YouTube tidak bisa melarang peredaran video-video tersebut namun kini YouTube berusaha agar video-video itu tidak lagi masuk ke dalam daftar rekomendasi di layanannya.

“Untuk itu, kami akan mulai mengurangi rekomendasi konten yang memberikan informasi yang salah dan bisa membahayakan, seperti video tentang obat mujarab palsu untuk penyakit serius, mengklaim bahwa bumi datar, atau membuat klaim palsu tentang peristiwa bersejarah seperti tragedi 9/11,” jelas YouTube.

“Kami rasa, perubahan ini merupakan upaya kami membuat YouTube bisa seimbang mengakomodir kebebasan berpendapat, namun juga menjalankan tanggung jawab kami kepada pengguna platform kami,” pungkas YouTube.
(samsularifin – harianindo.com)