Bandung – Ulama Habib Bahar bin Smith telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan Polda Jabar atas kasus dugaan penganiayaan dua remaja MHU (17) dan ABJ (18). Polisi menjerat BS dengan pasal berlapis yakni pasal 170 ayat (2), pasal 351 ayat (2), pasal 333 ayat (2), dan pasal 80 UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang perlindungan anak.

Habib Bahar Kemungkinan Besar Akan Diadili di Pengadilan Negeri Cibinong

Habib Bahar Kemungkinan Besar Akan Diadili di Pengadilan Negeri Cibinong

Kasipenkum Kejati Jabar Abdul Muis Ali mengatakan bahwa berkas perkara Habib Bahar juga sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Cibinong. Oleh karena itu, Habib Bahar kemungkinan besar akan diadili di Pengadilan Negeri (PN) Cibinong, Bogor.

“Kita masih melihat situasi dulu seperti apa, tapi kemungkinan besar ke (pengadilan) Cibinong,” kata Abdul saat ditemui di kantornya, Bandung, Senin (04/02/2019).

Baca juga :

Lebih lanjut Abdul menjelaskan meski berkas sudah dilimpahkan ke Cibinong, hal itu masih belum diputuskan secara mutlak. Abdul menilai ada kemungkinan persidangan juga akan digeser ke Bandung apabila melihat eskalasi massa yang mengawal persidangan cukup besar.

“Iya lihat dulu eskalasi massa. Kalau ada gejolak-gejolak ya kita minta ke MA (Mahkamah Agung) menetapkan sidang di mana gitu. Ada kemungkinan bisa (di Bandung). Artinya seperti kasus Buni Yani, di sidang di Bandung. Di lihat dulu,” jelasnya.

Abdul menambahkan bahwa pihaknya akan segera melimpahkan berkas itu ke pengadilan. Menurutnya jaksa tengah menyusun surat dakwaan yang nantinya akan dibacakan oleh jaksa kepada Habib Bahar di persidangan.

“Secepatnya, mungkin besok dlimpah,” pungkasnya.
(Muspri-harianindo.com)