Home > Hiburan > Gosip > Mandala Shoji Diminta Untuk Segera Menyerahkan Diri

Mandala Shoji Diminta Untuk Segera Menyerahkan Diri

Jakarta – Caleg PAN, Mandala Shoji diminta untuk segera menyerahkan diri usai dijatuhi putusan bersalah dari pengadilan. Permintaan tersebut datang dari Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Bara Hasibuan. Saat ini, Mandala diketahui masih menjadi buron pascaputusan pengadilan itu.

Mandala Shoji Diminta Untuk Segera Menyerahkan Diri

“Kami tidak tahu dia di mana. Saya minta dia menghormati proses hukum dan menyerahkan diri ke pihak otoritas untuk menjalankan proses hukum ini,” kata Bara di Kompleks Parlemen RI, Senayan, Jakarta, Rabu (6/2/2019).

Mandala divonis bersalah karena membagikan kupon umrah dalam kampanyenya sebagai caleg DPR RI. Hakim pun telah menjatuhkan vonis tiga bulan penjara dengan denda sebesar Rp 5 juta subsider 1 bulan penjara.

Setelah vonis tersebut dijatuhkan, Mandala sempat mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Akan tetapi, Pengadilan Tinggi memutuskan menolak banding tersebut. Pengadilan Tinggi DKI justru menguatkan putusan PN Jakpus.

Berdasarkan UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2017, tidak ada upaya hukum lain karena UU Pemilu mengatur putusan pengadilan tertinggi sebagai putusan akhir yang bersifat mengikat. Dampak dari vonis tersebut, KPU pun berencana mencoret nama Mandala dari daftar caleg. Bara pun menyampaikan, PAN menghormati putusan yang ditetapkan oleh pengadilan dan pencoretan KPU tersebut.

“Kami menghormati proses hukum. Kalau mmg KPU mau mencoret, ya kami akan terima keputusan itu,” ujar dia.

Bara melanjutkan, apa yang dilakukan oleh Mandala telah mencoreng nama PAN. Ia juga mengingatkan kader-kader PAN agar tidak melakukan tindakan seperti yang dilakukan Mandala.

“Kami tentu saja memberikan instruksi kepada seluruh caleg agar tidak berkampanye dengan melakukan hal-hal yang melanggar hukum. Termasuk misal membagi-bagi sesuatu yang bisa dikategorikan penyuapan,” ujar Bara.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kritik Sikap Iman J-Rocks, Jerinx SID : "Artwork Nyolong, Enggak Pakai Izin Pula"

Kritik Sikap Iman J-Rocks, Jerinx SID : “Artwork Nyolong, Enggak Pakai Izin Pula”

Jakarta – Vokalis dari band J-Rocks, Iman Taufik Rachman Wirapraja diketahu memberikan dukungannya untuk revisi ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135